Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecemplung di Laut 2 Bulan, Xperia Z2 Masih Berfungsi

Kompas.com - 14/08/2014, 08:10 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Smartphone unggulan Sony, Xperia Z2 memiliki fitur tahan air dengan rating IP58. Artinya, Xperia Z2 tahan terhadap air tawar hingga kedalaman 1,5 meter dalam waktu hingga 30 menit.

Namun, nampaknya Xperia Z2 memiliki ketahanan yang ternyata lebih lama dari rating yang diklaim Sony tersebut.

Baru-baru ini, situs Swedish Press memberitakan bahwa gadget Xperia Z2 milik Alexander Maxen masih berfungsi normal setelah jatuh ke dasar laut dengan kedalaman 10 meter, selama enam minggu.

Menurut Android Authority (11/8/2014), Maxen yang saat itu sedang berlibur dengan teman-temannya, secara tak sengaja menjatuhkan smartphone-nya itu ke laut yang dalamnya kurang lebih 10 meter.

Maxen tidak bisa mengambil smartphone-nya yang telah tercebur ke laut itu. Namun menurut pengakuannya, ia masih bisa menelepon perangkat miliknya itu yang telah terjatuh di laut, sesampainya di daratan.

Enam bulan setelah kejadian, salah seorang teman Maxen dengan peralatan selamnya terjun ke dasar laut dan berhasil menemukan Xperia Z2 miliknya.

Di luar dugaan, setelah tenggelam selama enam minggu di kedalaman 10 meter, Xperia Z2 itu masih berfungsi untuk melakukan panggilan telepon dan sebagainya, walau mengalami kerusakan fisik dan daya baterainya sudah habis.

Walau demikian, Android Authority menyebut bahwa tak semua Xperia Z2 yang dijual Sony bisa bertahan selama itu di bawah air.

Hikmah yang bisa dipetik, jangan terlalu cepat berputus asa jika perangkat Xperia Z2 Anda jatuh ke dasar laut. Namun, jangan terlalu berharap juga perangkat itu bisa tahan lama seperti milik Maxen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com