Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Domain .com dan .net Naik

Kompas.com - 30/03/2008, 11:58 WIB

VeriSign menaikkan biaya registrasi domain Internet berakhiran .com dan .net. Kenaikan ini merupakan yang kedua kali sejak perusahaan yang beregrak dalam bidang keamanan di jarngan online tersebut mengatur kedua domain pada tahun 2006.

Untuk domain .com biaya naik dari 6,42 dollar AS menjadi 6,68 dollar AS. Sementara untuk .net naik dari 3,85 dollar AS menjadi 4,23 dollar AS. Harga baru akan berlaku mulai 1 Oktober 2008 menunggu kesepakatan antara VeriSign dan ICANN, organisasi yang ditunjuk untuk mengatur pengelolaan nama domain di Internet dan alamat IP di seuruh dunia.

VeriSign beralasan, kenaikan harus dilakukan seiring dengan makin tingginya volume trafik akibat beragamnya layanan, perangkat yang mengakses Internet, dan konten yang terhubung ke Domain Name System. Pada kondisi trafik normal, VeriSign mengkalim saat ini memproses hingga lebih dari 33 miliar permintaan antrian DNS per hari.

Selain itu, VeriSign harus membangun fasilitas keamanan yang lebih baik untuk memantau, mengidentfikasi, melacak, dan mengisolasi trafik mencurigakan yang bisa merusak. Serangan ke domain .com dan .net semakain hari tidak hanya main banyak namun juga makin canggih.

Dana tersebut ditengarai juga digunakan untuk membiayai rencana VeriSign untuk meningkatkan kapasitas infrastruktur Internet globalnya mejadi 10 kali lipat keadaan saat ini pada 2010. Kapasitas permintaan antrian DNS akan ditingkatkan dari 400 miliar sehari menjadi 4 triliun. VeriSign juga akan meningkatkan bandwidth di pusat pengendalian utama di seluruh dunia dari 20 Gbps menjadi 200 Gbps.

Sebelum dipegang VeriSign harga domain .com baru 6 dollar AS dan .net 3,50 dollar AS.(InformationWeek/WAH)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com