Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TV tuner KWorld PlusTV Analog USB Stick

Kompas.com - 02/04/2008, 16:28 WIB

Jika melihat bentuknya Anda pasti tidak mengira ini adalah sebuah perangkat TV tuner. Desain dan fisik Kworld PlusTV Analog USB Stick seperti USB flash disk biasa. Dengan desain tersebut memang kemudahan menjadi nilai utamanya. Sebab Anda tinggal menancapkan TV tuner ke port USB, dan instalasi akan berjalan sesuai driver yang diminta.

Perangkat yang memiliki seri lengkap PVR-TV 305U ini bisa disebut murni sebagai sebuah TV tuner. Mengapa? Karena memang hanya itu fungsi yang mampu diberikannya. Tidak ada port audio video yang biasa disertakan bagi kebutuhan transfer media digital ke PC. Selain itu juga tidak ada fungsi FM tuner.

Kelengkapan yang tersedia dalam bundel pun cukup minim; hanya manual, dua CD driver dan aplikasi serta satu antena. Tidak seperti biasanya, remote control pun absen. Ini mungkin menurut KWorld, aktivitas pengendalian melalui aplikasi dirasa sudah mencukupi. Apalagi pengguna notebook umumnya beraktivitas langsung di depan layar sehingga pengendalikan cukup terwakili oleh mouse atau keyboard dengan beberapa tombol shortcut.

Antena bawaan cukup sederhana nan mantap, karena landasannya memiliki daya magnet sehingga cocok diletakkan pada dasar yang berbahan besi. Agak disayangkan daya magnet yang ada sedikit banyak akan menimbulkan distorsi saat diletakkan di atas monitor pemakai PC desktop. Solusinya, tempatkan antena di area yang cukup jauh dari area listrik.

Aplikasi Hyper Media Center yang dihadirkan cukup menarik dari sisi fungsi maupun tampilan. Tampilan bernuansa biru yang informatif mengingatkan akan aplikasi Window Media Center. Beberapa fungsi yang ditawarkan mencakup fungsi TV, Video dan Pictures. Kemampuan lainnya adalah dukungan fungsi schedule recording, time-shifting dan auto scan. 

Sayang fasilitas sleep timer dan picture-in-picture tidak hadir. Untungnya, aplikasi Hyper Media Center ini mampu menampilkan preview seluruh gelombang TV yang mampu ditangkap untuk ditampilkan secara bersamaan. Perlu diketahui, hanya satu gelombang yang berfungsi, dan sisanya hanya sebagai preview siaran yang sedang berlangsung.

Tampilan yang ciamik dengan fungsi yang cukup beragam pada akhirnya berimbas pada tuntutan spesifikasi PC yang agak tinggi. Agar nyaman, kita harus menggunakan PC dengan prosesor Pentium 4 atau AMD Athlon 2GHz. Sedangkan untuk melakukan proses recording berformat MPEG2 atau DivX, perlu disiapkan memori minimal 512MB.

***

Dengan bentuk yang praktis ala USB flash disk, Kworld PlusTV Analog USB Stick cukup menarik bagi pengguna yang membutuhkan TV tuner unik. Keunggulannya terletak pada kepraktisan segi instalasi dan penggunaan. Fasilitasnya memang tidak banyak, tetapi mencukupi kebutuhan Anda dalam menikmati hiburan, utamanya dalam menangkap dan merekam acara TV.

(InfoKomputer/Dayu Akbar – Kontributor)

 

PLUS: Bentuk unik; aplikasi menarik; tanpa kabel.

MINUS: Tanpa remote control; tanpa Radio FM; tanpa port A/V.

 

Skor Penilaian

Kinerja : 4

Fasilitas : 3,25

Kemudahan : 4,25

Harga : 4

SKOR TOTAL: 3,82

 

SPESIFIKASI KWORLD PLUSTV ANALOG USB STICK (PVR-TV 305U)

Tipe

Eksternal

Interface

USB 2.0

Sistem input

Antena TV

Format video

MPEG1; MPEG2; MPEG4; DivX; AVI

Format audio

WAV; MP3; MID

Format gambar

JPG; BMP

Kompatibilitas

Windows XP/MCE/Vista

Bundel software

Cyberlink Power Director v5; Power Producer 4

Kelengkapan

- Antena

- Manual Guide

- CD driver dan software video editing

Garansi

1 tahun

Situs Web

www.kworld.com.tw

Harga kisaran*

US$ 50

* Nusantara Eradata, (021) 612-2027.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com