Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Castle Ekspor Ratusan Film Animasi ke Eropa dan AS

Kompas.com - 01/05/2008, 16:16 WIB

JAKARTA, KAMIS - Produk industri animasi dalam negeri ternyata lebih diminati asing daripada pasar dalam negeri. Ratusan serial film animasi anak produksi perusahaan animasi lokal Caste Production, telah diserap pasar Eropa dan AS, namun belum satu pun yang diserap stasiun televisi dalam negeri.

"Kalau ditanya berapa banyak mungkin sudah ratusan film kita ekspor," ujar Ardian Elkana, Chairman Castle Production usai menerima penghargaan MURI (Museum Rekor Indonesia) di Jakarta, Rabu (30/4), sebagai produsen serial 3D pertama yang mengekspor produknya ke Eropa dan AS. Film-film serial televisi buatan Castle telah diekspor ke Swiss, Prancis, Spanyol, Jerman, Inggris, dan AS.

Beberapa judul film yang dikerjakan Castle antara lain "The Adventure of Carlos Caterpillar" yang bercerita mengenai petualangan seekor ulat untuk televisi Spanyol, "The Story of Jim Elliot" tentang misionaris di Ekuador untuk televisi Inggris, dan cerita anak-anak "Cherub Wings" untuk televisi AS. Castle mengerjakan seluruh proses animasi, sedangkan cerita dan karakter sesuai pesanan.

Maria Tjhin, General Manager Castle, mengatakan ekspor telah dilakukan sejak tahun 2000 dan dari tahun ke tahun jumlah pesanan naik sekitar 20 persen. Dalam sebulan, rata-rata jumlah produksi film mencapai dua buah. Dari 170 karyawan, sekitar 80 persennya animator.

"Castle memang konsentrasi di serial televisi," ujarnya. Ia mengakui film-film animasi buatan Castle masih kelas B, namun sudah sejajar dengan film-film animasi buatan Taiwan dan Korea. Kualitanya masih kurang dari 25 frame per detik, tetapi di atas Doraemon yang hanya 12 frame perdetik. Menurutnya, televisi asing memilih Castle karena dari sisi kualitas tidak kalah namun dari sisi harga bisa lebih murah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com