Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Canon PowerShot A590IS: Konvensional

Kompas.com - 26/06/2008, 12:29 WIB

Ditilik dari fisiknya, tidak ada yang menarik pada Canon PowerShot A590IS, kecuali label IS yang berarti dilengkapi fasilitas antiguncang. Penampakannya khas kamera PowerShot Canon. Badannya yang nyaman digenggam itu tetap terbuat dari plastik. Bedanya yang ini tampak lebih gagah karena diwarnai hitam keabu-abuan.

Selain fasilitas bidik serbaotomatis, PowerShot A590IS (PSA590IS) mengemaskan fasilitas manual. Jadi kita bisa memotret dalam moda shutter, aperture, atau program priority, maupun moda manual biasa. Jika tidak mau repot dengan segala urusan pengaturan, tinggal gunakan pilihan scene yang ada. Putar tombol ke SCN, lalu pilih scene (snow, beach. fireworks, aquarium, night scene, sunset, foliage) yang sesuai.

Fasilitas PSA590IS ini tidak beda jauh dengan pendahulunya: Face detect focus, opsi metering, penyesuaian blitz dan self timer. Fasilitas IS-nya (image stabilization) bisa dipilih: selalu aktif (continuous), hanya ketika bidikan sedang diambil (shot only), atau panning. Saat IS aktif, kita bisa menggunakan kecepatan shutter yang lebih rendah untuk mengkompensasi guncangan ringan dari tangan sehingga gambar nantinya tidak/kurang kabur.

Saat kami coba, kamera beresolusi 8 megapixel ini terbukti baik dalam menangkap image. Fokus mengunci cukup cepat (0,5 – 1 detik), tergantung pada situasi. Hasil bidikan rata-rata tampil tajam dan jernih dengan sedikit efek soft di bagian pojok. Warna-warna terlihat cerah dan vivid. Memang adakalanya warna merah dan kuning tidak akurat direkam, tetapi ini bisa diperbaiki melalui custom white balance.

Yang paling mengesankan adalah makronya: tajam, halus, detail. Sementara bidikan di dalam ruangan tanpa flash masih terlihat cukup baik, dengan catatan cahaya di dalam ruangan tidak terlalu gelap. Tanpa flash, sebuah foto butuh waktu sekitar 0,4 detik. Namun begitu flash diaktifkan, waktunya menjadi nyaris empat kali lipat lebih lama – sesuatu yang harus lebih diperhatikan Canon.

Selain makro, kami sangat suka dengan fokus manual. Ketika diaktifkan, bagian tengah frame yang dimunculkan pada layar LCD akan diperbesar sehingga kami bisa memastikan bahwa subyek sudah benar-benar fokus sebelum menekan tombol shutter.

Yang juga unik adalah fasilitas Self Timer yang waktu dan jumlah bidikannya bisa diatur sendiri. Pilihannya adalah 1 – 10 detik, 15 detik, 20 detik, dan 30 detik untuk 1 – 10 bidikan.

Namun ada yang menurut kami perlu diperbaiki, yakni kualitas LCD 2,5”. Resolusinya yang 115.000 pixel itu kurang halus dalam menampilkan hasil. Di luar ruangan, khususnya di terik matahari yang sangat kuat, layar LCD agak sulit dilihat. Untunglah tersedia optical viewfinder untuk mengintip, yang kini mulai jarang kita temui pada kamera entry-level. Akan lebih baik lagi andai di viewfinder ini juga disertakan fasilitas dioptri agar mereka yang berkacamata bisa mengatur fokus di sana. 

***

Canon PowerShot A590IS ini cocok bagi pemula maupun mereka yang sudah lebih mahir memotret. Responnya cepat, kinerjanya bagus. Jika ingin foto Anda diberi tanggal pengambilan gambar, pilihlah ukuran gambar Date Stamp. Namun untuk ini, kualitas gambar haruslah diatur pada Fine.

sumber: InfoKomputer


SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)

-Penggunaan            : 5

-Kinerja            : 4

-Fasilitas            : 4,1

-Harga             : 3,8

SKOR TOTAL            : 4,19

 

 

PLUS: Mudah dipakai; makro tajam; moda manual bagus; fasilitas Face detect; fasilitas IS; tool Red Eye Removal, kualitas bidikan bagus; bisa ditambahi lensa konversi.

MINUS: LCD di terik matahari kurang terang; pengisian blitz agak lambat; zoom optik tidak aktif di moda movie; MMC bawaan 32MB; tanpa indikator zoom di LCD. 

 
SPESIFIKASI Canon PowerShot A590IS
Resolusi CCD                         

 8 megapixel

Resolusi foto (min/max)            
 640x480/3264x2448
Resolusi video (min/max)         
 160x120/640x480 @ 15/20fps
Media perekaman                                
 MMC/SD/SDHC Memory
Format file (gambar/video)
 JPG/AVI
Ukuran lensa ekivalen-35mm (mm)      

 35 - 140

Setting aperture (wide/tele)      
 f/2.6-f/5.5
Ekivalen ISO                           
 Auto, High ISO, 80, 100, 200, 400, 800, 1600
Zoom                                      

 4X optical; 4X digital

Kecepatan shutter (detik)         

 1/60 - 1/2000

Fokus terdekat terbaik (makro)           
 5cm
Viewfinder                               
 Ada 
Diagonal LCD                         

 2,5” TFT LCD 115.000 pixel

Self-timer                                

 2 dan 10 detik, kustom

Metode koneksi komputer       

 USB 2.0 Hi-Speed

Tipe batere/isi ulang                 
 AA/ya
Batere charger                         
 Tidak ada
Dimensi (plt)                            
 9,43×6,47×4,08 cm
Bobot dengan batere + kartu SD
 226 gram
Garansi                                    

 1 tahun

Situs Web                               
 http://www.canon.com.sg
Harga kisaran*                        

 US$ 230

* Datascrip, (021) 654-4515.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com