Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OpenOffice.org Proyek Open Source Terbaik 2008

Kompas.com - 28/07/2008, 10:46 WIB

JAKARTA, SENIN - OpenOffice.org yang mengembangkan aplikasi pengolah kata dan tabel terpilih menjadi proyek open source terbaik 2008 versi SourceForge.net. Tidak hanya mendapat penilaian terbaik secara keseluruhan, namun juga proyek terbaik untuk perusahaan dan kalangan pendidikan.

Proyek tersebut mendapat nilai tertinggi dari para anggota komunitas yang berpartisispasi dalam ajang penghargaan tahunan Community Choice Award. Pemenang diumumkan dalam konvensi open source OSCON yang digelar O'Reilly Group pekan lalu.

Penghargaan tahun ini lebih bergengsi karena nominasi yang masuk tidak hanya proyek yang terdaftar dalam SourceForge.net, malainkan semua jenis proyek open source. Bebebrapa penghargaan diberikan dengan judul yang sedikit menggelitik.

Misalnya, Linux yang mendapat penghargaan yang diberi nama "Most Likely to Change the World."  Software yang digunakan untuk berbagi file secara peer to peer, eMule juga mendapat penghargaan "Most Likely to Get Users Sued."

Penghargaan yang namanya cukup mencengangkan, "Most Likely to be the Next $1 Billion Acquisition" jatuh kepada phpMyAdmin yang populer sebagai solusi manajemen web siap pakai. Pemenang "Best New Project" jatuh kepada Magento, software yang menyediakan paket layanan e-commerce.

Software Wine yang membuat Linux bisa dipakai di Windows terpilih sebagai "Most Likely to be Accused of Patent Violation." Sebab, sejak hari pertama dicanangkan, proyek tersebut memang menolak segala bentuk paten.(PCWORLD)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com