Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roadmap Migrasi ke TV Digital 10 Tahun

Kompas.com - 08/08/2008, 18:27 WIB

JAKARTA, JUMAT - Roadmap yang telah disusun oleh pemerintah terkait kebijakan migrasi dari TV analog ke digital akan diberlakukan sekitar 10 tahun ke depan setelah semua infrastruktur siap termasuk stakeholder yang terlibat. Hal itu dikatakan Dirjen Sistem Komunikasi dan Diseminasi Informasi Freddy H Tulung saat jumpa pers di kantor Depkominfo, Jakarta, Jumat (8/8).

Tahap pertama roadmap ini, dikatakan Freddy, akan dilakukan pada 2008-2012 untuk penghentian lisensi baru untuk TV analog dan mendorong penyelenggara infrastruktur TV digital. Pada 2013-2017 akan dilakukan penghentian siaran analog di sejumlah kota-kota besar dan intensifikasi siaran televisi digital.Sedangkan pada 2018, direncanakan seluruh tv analog tidak lagi beroperasi.

"Saya kira waktu 8-10 tahun sudah cukup, tapi kalau dukungan dari stakeholder kuat, saya yakin tidak sampai 7-8 tahun sudah siap," katanya.

Sedangkan untuk uji coba yang akan dilangsungkan 13 Agustus nanti, menurut Freddy, Lembaga Penyiaran Publik (LPP) yang akan menyelenggarakan siaran yakni TVRI dan RRI dengan network provider PT Telkom.

"Kita sudah bicarakan dengan Telkom mengenai persiapannya, untuk LPS (Lembaga Penyiaran Swasta) akan berbentuk konsorsium, tapi saat ini menurut stakeholder TV swasta masih melakukan konsolidasi internal untuk konsorsium tersebut," kata Freddy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com