Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

D-One DG518, Dual Simcard Cantik

Kompas.com - 19/08/2008, 09:54 WIB

Warna hitam boleh dikatakan merupakan warna pilihan utama untuk menunjukkan kemewahan yang klasik. Apalagi ditambah permukaan casing yang mengilap. Tak heran DG518 disebut sebagai ponsel fesyen; meskipun Sinyal tetap tak menyukai permukaan depan mengilap yang hobi berat mengoleksi jejak jemari. O ya, kotak paket pun terlihat gaya, mirip kotak dandan.

Beda dari biasanya, kita harus pencet-tahan tombol 2-arah yang bawah (di kanan bodi) untuk menyalakan ponsel. Tombol yang atas merupakan tombol kamera. Kameranya sendiri tersembunyi di balik belahan depan bodi ponsel.

Karena layarnya bukan layar sentuh, kita bisa memakai keypad (kecuali angka 9,0 dan *) untuk mengontrol setting; selain melalui Option. Navigasi kiri-kanan bisa dipakai untuk EV. Pada foto, Image Size maksimalnya 1600x1200. Sementara pada video, File Size Limit dan Rec Time Limit bisa disetel No Limit.

Untuk foto, kita bisa utak-atik lagi dengan Photo Artist, Image Tile dan Slide Show. Lalu untuk video, kita masih bisa memotret momen yang ada; tinggal ketuk icon atau pencet tombol kamera. Bila dihubungkan ke PC, kita bisa pilih fungsi storage (Mass Storage), webcam (Webcam) atau untuk modem (COM Port). Mulut slot MicroSD ada di kiri bawah bodi. Ini sangat memudahkan cabut-pasang MicroSD. Asyiknya, MicroSD ini sudah terisi sejumlah lagu Navaz.

Mengusung dobel-GSM, kita bisa temukan slotnya di kiri tengah dan kanan bawah setelah mencopot batere. Sekadar mengingatkan, batere ini menyatu dengan desain bodi ponsel. Yang di kiri tak terlihat tanda, sementara yang di kanan Sinyal temukan label angka dua.

Perhatikan cara bertelepon : bila hendak bertelepon dengan SIM1, pencetlah Call 1 yang berada di kiri; tetapi kalau mau bertelepon dengan SIM 2, pencetlah Call 2 yang ada di kanan. Di bawah masing-masing tombol akan terlihat angka bila lampu latarnya menyala.

DG518 hanya menyediakan Caller Picture dan Caller Ring Tone. Namun tetap ada Schedule Power On/Off dan Flight Mode. Ada Message Firewall untuk mengeblok SMS yang tak diinginkan. Ada pula Privacy firewall yang bisa memproteksi Phonebook, Message dan Call History. Satu tambahan lagi adalah Message Remote.

Sekali kirim pesan bisa berisi 1216 karakter dijamin membuat kita kenyang bergosip. Karena itu, hati-hatilah pulsa jeblok karena operator GSM tetap menghitung biaya pengiriman per 160 karakter.

Yang menarik, masing-masing SIM card diberi folder sendiri sehingga kita akan temukan folder SIM1 SMS dan SIM2 SMS. Namun di masing-masing folder kita tetap bisa me-reply pesan dengan SIM1 maupun SIM2. Seperti biasa, reply pesan dari Inbox tidak meninggalkan salinan.

DENGAN KATA LAIN...
Ponsel gaya untuk mereka yang memakai dobel GSM.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com