Konversi File Musik untuk Semua HP


Saat ini, musik di ponsel wajib hukumnya. Apa pun merek dan segmennya, pemutar musik menjadi fitur penting di ponsel. Banyaknya ragam pemutar musik ini membuat standar dan teknologi menjadi bervariasi. Akibatnya, banyak sekali jenis file musik dan video yang beredar. Namun sebuah file musik favorit belum tentu bisa diputar di ponsel sendiri

Sebuah file musik atau video yang bisa diputar di ponsel Sony Ericsson, belum tentu bisa dimainkan di ponsel Nokia. Bahkan meskipun sama-sama bermerek Nokia, belum tentu sebuah file lagu yang sama bisa dimainkan.

Penyebabnya adalah ponsel tipe dan merek tersebut hanya mendukung file lagu dengan format tertentu. Format file lagu yang umumnya bisa diputar di ponsel adalah MP3, AAC, dan MIDI. Namun ada beberapa ponsel yang bisa memutar file WMA, AMR, dan WAV.

Agar tidak sebal gara-gara menemukan file lagu favorit yang sudah lama dicari, tetapi kemudian tidak bisa diputar di ponsel, cobalah Switch Sound File Converter. Aplikasi gratis ini bisa membaca hampir semua jenis file musik dan mengubahnya menjadi file jenis lain

Baca dan Ubah Jenis File
Hadir sejak beberapa tahun lalu, kemampuan Switch sudah semakin mantap. Switch juga bisa mengekstraksi lagu dalam sebuah klip video. Jadi, kalau Anda hanya punya klip video musik dan ingin memutar lagunya saja di ponsel, Switch bisa diandalkan.

Jenis file yang bisa dibaca dan bisa dikonversi makin banyak dan beragam: avi, mpeg, mpg, wmv, wav, mp3, mp2, mpga, ogg, wma, aif, aiff, au, ra, ram, rm, rmj, flac, aac, m4a, vox, raw, mid, dss, srj, dct, act, rcd, rec, shn, amr, mpc, moh, ape, dan spx.

Semuanya bisa diubah (konversi) menjadi file audio lain, yaitu aac, aiff, amr, ape, au, flac, m3u, m4a, mp3, mpc, ogg, pls, raw, rss, spx, vox, wav, wma, dan wpl.

Jadi, apa pun peranti pemutar musik digital Anda, entah ponsel, MP3 player atau iPod, tinggal pilih file mana yang bisa diputar, lalu konversi dengan Switch, dan musik favorit siap Anda nikmati.

Cepat dan Praktis
Switch bisa diunduh gratis di http://www.audiochannel.net/software/switch.zip. Switch ini bisa digunakan di komputer Windows, Macintosh atau Linux. Lakukan instalasi sesuai petunjuk.

Menjelang instalasi selesai, beri tanda centang untuk menambahkan lima aplikasi gratis lain. Aplikasi itu adalah Wavepad untuk mengedit file suara rekaman. Golden Records untuk mengubah lagu dari kaset, CD atau piringan hitam menjadi file mp3 atau wav. Ada pula SoundTap Streaming Audio Recorder untuk merekam suara streaming, misalnya suara dari video di Youtube atau radio internet. Express Rip CD Ripper berguna untuk mengekstraksi lagu dari CD musik. Sedangkan Prism Video Converter bermanfaat untuk mengubah sebuah file video menjadi file video lainnya.

Perkecil sampai 50%
Ada satu hal penting lain yang dilakukan Switch, yakni merampingkan ukuran file MP3 sampai 50% dari aslinya, tetapi dengan kualitas yang masih cukup baik. Perampingan ukuran bisa dipaksa sampai 90%, tetapi kualitasnya akan sangat berkurang. Fitur ini sangat berguna bagi pemilik ponsel yang tidak memiliki memori eksternal, sedangkan kapasitas memori internalnya hanya puluhan megabyte.

Beginilah cara melakukannya:
1.Untuk mulai melakukan konversi file, tinggal pilih Add File, lalu pilih file audio yang ingin diubah formatnya.
2.Lanjutkan dengan memilih folder tempat file konversi akan disimpan di bagian Output Folder. Jika folder tidak diubah, file konversi akan disimpan di My Documents-My Music. Tahap penting selanjutnya adalah memilih jenis file konversi di bagian Output Format. Lanjutkan dengan mengatur pilihan konversi di bagian Encoder Options. Setiap jenis file memiliki pengaturan masing-masing.
3.Untuk memperkecil ukuran file mp3, pilih pengaturan Constant Bitrate dengan nilai Bitrate (kbps) yang diperkecil, misalnya 80. Makin kecil angka Bitrate, makin kecil ukuran file tetapi akan makin buruk kualitasnya.
4.Pengaturan Bitrate lain adalah dengan menentukan batas atas dan bawah. Cara ini sesuai dilakukan jika sumber file-nya bervariasi. Tentukan pula kualitasnya dari yang terendah (9) sampai tertinggi (0). Tentukan pula apakah akan dikonversi sebagai lagu mono atau stereo. Jika ponsel hanya punya satu speaker, lagu mono lebih cocok karena ukuran file mono lebih kecil.
5.Untuk pilihan file lain, menu yang muncul berbeda tetapi pada prinsipnya bertujuan sama. Intinya, makin bagus kualitas suara, makin besar ukuran file. Karena itu lakukan konversi dengan berbagai pengaturan sehingga bisa didapatkan ukuran kecil dengan kualitas yang masih bisa diterima. Tekan Convert untuk mulai melakukan konversi. Contoh, lagu MP3 dari Agnes Monica yang berukuran 3,6MB setelah dikonversi menjadi berukuran 1,77MB, tetapi dengan bass-treble masih cukup baik. Artinya terjadi penurunan ukuran sampai 50%. Pengaturan yang diterapkan adalah Variable Bitrate 32-80 kbps, Quality 7, dan Channel Mono.

Sumber: Sinyal

Editor:

 

TERBARU
Gadget
Senin, 24 November 2014 09.06 WIB
OPPO Membuka Sesi Pre-Order R5
Software
Senin, 24 November 2014 08.12 WIB
Daftar Aplikasi Boros Baterai di Android
Internet
Senin, 24 November 2014 07.43 WIB
Pengguna Internet Indonesia Nomor Enam Dunia
Gadget
Minggu, 23 November 2014 15.28 WIB
Oppo N3 Dipesan 2 Juta Orang di Tiongkok
Software
Minggu, 23 November 2014 13.50 WIB
IBM Perkenalkan Aplikasi Email IBM Verse
TERPOPULER
Rabu, 19 November 2014 10.58 WIB
Pidato Jokowi di APEC Jadi Video Parodi
Jumat, 21 November 2014 15.34 WIB
Ini Alasan Lihat Ponsel Tidak Boleh Menunduk
Rabu, 19 November 2014 14.56 WIB
Ahok Dilantik Jokowi, #GubernurAhok Mendunia Lagi
Senin, 17 November 2014 09.58 WIB
Begini Cara Mematikan Fitur "Read" di WhatsApp Android
Selasa, 18 November 2014 08.05 WIB
"Password" Milik "Hacker" Top Ternyata Gampang Ditebak
Rabu, 19 November 2014 06.02 WIB
Nokia "Lahir Kembali" Lewat Tablet Android N1
Senin, 17 November 2014 10.35 WIB
Nokia Dipastikan Stop Produksi "Smartphone" Selamanya
Rabu, 19 November 2014 09.02 WIB
Tablet Android Nokia N1 Dibanderol Rp 3 Juta