Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KWorld PlusTV Analog Lite PCI Card, TV Tuner Analog

Kompas.com - 11/09/2008, 12:01 WIB

KWorld PlusTV Analog Lite PCI ini hadir menyasar segmen yang lebih ekonomis. Salah satunya terlihat dari minimnya kelengkapan pada paket yang disertakan. Dari sini terlihat adanya pengurangan beberapa kelengkapan yang menjadikannya lebih ekonomis dari sisi harga. Meskipun menggunakan port analog, tetapi tidak disertakan tambahan kabel ekstensi audio video karena port-port analog yang ada langsung ditempatkan pada panel belakang.

Sama seperti varian TV tuner KWorld lainnya, untuk menjalankan fungsinya digunakan aplikasi HyperMediaCenter. Dengan tampilan yang sederhana dan minimalis, perngoperasiannya terasa cukup mudah. Di dalamnya terdapat fungsi recording dan preview beberapa channel sekaligus. Untuk mencari gelombang TV, Anda akan dipandu langkah demi langkah. Dengan penggunaan antena yang baik, aplikasi ini mampu menangkap seluruh gelombang yang ada. Hal ini juga berlaku saat mengoperasikan fungsi FM tuner. Auto scanning berjalan cukup akurat.

Fitur tambahan yang dihadirkan kali ini adalah SAP (secondary audio program) stereo. Fungsi ini bermanfaat untuk menjalankan fungsi dua audio seperti yang digunakan pada acara dengan dua pilihan bahasa atau bilingual.

Bagi pengguna LCD layar lebar disediakan pilihan resolusi wide screen 16:9 dan 16:10. Pilihan ini akan makin nyaman utamanya saat Anda menggunakan koneksi analog yang terhubung dengan perangkat audio video seperti CD/DVD player. Untuk kebutuhan perekaman, Anda bisa merekamnya ke format video MPEG1, MPEG2, MPEG4, serta DivX.

Ingat bahwa pilihan format video pada proses recording harus disesuaikan dengan spesifikasi PC. Jika menggunakan format MPEG1, spesifikasi PC lawas masih mampu menanganinya dengan baik. Dan untuk format MPEG2 dibutuhkan minimum Pentium 4 3GHz dengan memori 256MB. Proses ini memang berjalan optimal pada sistem operasi Windows XP SP2 ke atas.

Sedikit menyinggung masalah recording, ada satu lagi fitur yang tidak pernah ketinggalan, yaitu schedule recording. Dari namanya bisa ditebak bahwa ini adalah proses recording yang dijadwalkan di saat Anda tidak bisa menyaksikan siaran kesayangan secara langsung.

Menariknya lagi Anda juga bisa langsung mengatur PC agar mati secara otomatis setelah recording selesai. Ini sangat berguna seandainya terdapat siaran sepak bola di malam hari sementara Anda tidak kuat begadang. Tinggal atur schedule recording dan Anda bisa tidur dengan tenang.

***

Bagi yang mencari TV tuner ekonomis dengan kemampuan yang lumayan, KWorld PlusTV Analog Lite PCI bisa dijadikan pilihan yang menarik. Meskipun fitur yang diadapsinya tidak terlalu lengkap, kebutuhan akan hiburan multimedia secara analog tergolong cukupan. Harga jualnya yang cukup terjangkau menjadi daya tarik tersendiri.

Sumber: InfoKomputer


PLUS: Fitur multimedia cukup menarik; bisa log-off melalui remote; scan gelombang TV dan FM akurat; harga ekonomis.

MINUS: Fitur kurang lengkap.

SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)
Kinerja : 4
Fasilitas : 3,75
Kemudahan : 4
Harga : 4,5
SKOR TOTAL: 4,05

SPESIFIKASI: KWorld PlusTV Analog PCI Card (PVR-TV 7134SE)
Tipe: Internal
Interface: PCI 2.2
Sistem input: Antena TV; composite; s-video; audio
Format video: MPEG1; MPEG2; MPEG4; DivX
Format audio: WAV; MP3; MID
Format gambar: JPG; BMP
Kompatibilitas: Windows XP SP2/MCE/Vista
Bundel software: -
Kelengkapan: - Antena FM- Remote control dan sensor- Manual Guide- CD driver
Garansi: 1 tahun
Situs Web: www.kworld.com.tw
Harga kisaran*: US$ 32
* Nusantara Eradata, (021) 612-2027.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com