Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Haryanto Taslam: Bubarkan Pansus Orang Hilang!

Kompas.com - 22/10/2008, 13:46 WIB

JAKARTA, RABU - Mantan politisi PDIP yang pernah menjadi korban penculikan dan penyekapan, Haryanto Taslam, mengatakan dibentuk dan diaktifkannya kembali Pansus Penghilangan Orang secara Paksa sebagai bagian dari manuver politik.

Keputusan DPR untuk 'mempekerjakan' kembali pansus yang dipimpin Effendi Simbolon menjelang Pemilu 2009, lebih kental dengan nuansa politis dibandingkan penegakan hukum yang terkatung-katung.

Hal tersebut diutarakannya kepada wartawan, di Gedung DPR, Rabu (22/10)."Secara hukum sudah ada prosesnya. Keputusan politik bukan hanya di pansus, tapi juga di pemerintahan sekarang. Pansus ini (pansus orang hilang) nggak ada gunanya, jadi bubarkan saja," kata Haryanto.

Sebelumnya, kasus orang hilang dan penculikan aktivis 1997/1998 sudah pernah diproses di Mahkamah Militer Tinggi pada tahun 1999.

Menurut dia, pemerintah saat ini harus berani mengambil alih tanggung jawab sejarah, atas kesalahan pemerintah di masa lalu."Pemerintah juga harus bisa memberikan santunan dan jaminan sosial kepada keluarga korban yang merasakan penantian panjang. Harus ada langkah politik yang konkrit. Kasus penculikan yang terjadi, tidak berdiri sendiri," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com