Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksen Indah Batu Alam dan Gentong

Kompas.com - 21/11/2008, 09:58 WIB

TAMAN belum lengkap rasanya tanpa kehadiran kolam ikan. Coba perhatikan kolam berikut ini, eksotis bukan? Kolam taman ini terdiri atas dua kolam, yang berbeda level ketinggian. Kolam atas 15cm lebih tinggi dari kolam bawah.

Pada kolam atas, air mengalir melalui pipa-pipa berdiamter 2 inci. Pancuran air dari pipa tersebut, menimbulkan suara gemericik lembut. Dan air yang dikeluarkannya dapat menimbulkan uap dingin yang terbawa angin.

Kolam bawah memiliki ukuran yang lebih besar. Berbentuk kotak, di bagian atas kolam terdapat tiga pilar yang memiliki ketinggian berbeda. Pilar-pilar tersebut, digunakan untuk menempatkan tiga buah gentong tanah liat. Gentong-gentong inilah, yang kemudian mengucurkan air ke kolam bawah. Selain gentong-gentong tanah liat, kesan eksotis juga muncul dari dinding kolam. Terdapat tiga jenis batu alam yang dipasang berselang-seling di dinding kolam itu.

Sebagai aksen pembentuk suasana alam lainnya adalah batuan. Dinding kolam ini menggunakan batu candi dengan karakter kasar, dan berwarna hitam. Selain itu ada batu andesit yang tampilannya hitam keabu-abuan. Ada juga batu Bali clip (potongan) berwarna krem dengan guratan garis. Sebagai pelengkap ditempatkan beberapa jenis tanaman hijau, di sekitar kolam.

Penulis: Indra/ Anissa
Foto: Richard
Lokasi: Rumah Fido Syarief, Lenteng Agung, Depok

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com