Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Epson Stylus T20E, Inkjet Murah yang Tajam

Kompas.com - 21/11/2008, 10:47 WIB

Persaingan printer kelas ekonomis di bawah Rp 800 ribuan makin ramai di Indonesia. Untuk meneruskan penetrasinya, Epson memperbarui jajaran printer low-entry-nya dengan seri T yang ditujukan untuk pencetakan foto dengan harga yang terjangkau.

Seri Stylus T20E merupakan salah satunya yang dapat dikatakan menggantikan seri Stylus C90 yang cukup laku di pasaran. Fisik keduanya memang agak serupa dengan warna hitam matte.

Seperti C90, panel kontrol Stylus T20E amat minim, hanya melibatkan 2 tombol. Tombol pertama berupa tombol power, dan yang kedua adalah tombol pengganti cartridge yang sekaligus sebagai indikasi peringatan tinta.

Meski tercatat sebagai printer murah, resolusi maksimum T20E mencapai 5760x1440 dpi dengan butiran tinta sebesar 4 picoliter. Printer ini termasuk sangat hemat listrik karena saat aktif hanya menyerap 11 watt.

Dalam operasionalnya, Stylus T20E memakai 4 cartridge terpisah (cyan, yellow, magenta dan black) yang memudahkan penggantian bila salah satunya habis. Ada 2 tipe tinta untuk jajaran Stylus T: tipe 73N untuk pemakaian standar dan tipe 91N untuk pencetakan yang lebih ekonomis; pengguna bisa memilih sesuai kebutuhan. Salah satu keunggulan Epson adalah teknologi tinta DURABrite Ultra yang membuat hasil cetak dapat bertahan lama dan tidak luntur meski terkena air.

Pada CD driver bawaannya, Epson memberikan aplikasi yang cukup menyenangkan, utamanya untuk pencetakan foto (Epson Easy Photo Print). Selain itu disertakan juga software kreasi foto dalam bentuk bingkai melalui PIF (Print Image Framer) dan aplikasi Epson Creativity Suite untuk melakukan scan, edit, dan mengirim foto ke e-mail. Tambahan software ini cukup menarik.

***

Dari percobaan InfoKomputer, hasil cetak Epson Stylus T20E memang terlihat bagus untuk jenis dokumen sampai grafis. Teksturnya terkesan tajam. Namun kecepatan cetaknya tergolong sangat lambat: untuk 1 halaman saja (baik dokumen maupun grafis) membutuhkan waktu nyaris 2 menit. Mencetak foto ukuran A4 glossy dengan setting Best Photo juga terhitung agak lamban (14 menit 8 detik).

Untunglah kelambatan ini dikompensasi kualitas warna yang amat tajam dan terlihat natural. Dengan harga sekitar Rp 500-ribuan, Stylus T20E memang menarik dilirik sebagai printer foto yang terjangkau.

Sumber: InfoKomputer

Hasil Pengujian
FPOT teks: 1:29 detik
5 hal teks: 7:09 detik
5 hal grafis: 8:18 detik
5 hal gambar: 25:25 detik
Photo ukuran A4: 14:08 detik

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com