Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saatnya Membersihkan Taman

Kompas.com - 01/12/2008, 14:04 WIB

PEMANGKASAN dilakukan agar tanaman dan rumput dapat tumbuh subur. Manfaatkan waktu-waktu cerah di sela-sela musim hujan. Setelah dilakukan pemangkasan, Anda tak perlu menunggu lebih lama. Dua hari kemudian, saat hujan kembali turun, tunas-tunas akan mulai tumbuh.

Langkah 1: Pemangkasan non rumput

Pemangkasan pohon atau tanaman dimaksudkan untuk membuang bagian yang rusak. Bisa juga untuk mengurangi pertumbuhan yang berlebihan. Selain itu, berguna juga untuk merangsang pertumbuhan tunas baru. Untuk pemangkasan yang benar, langkah-langkahnya adalah:

  1. Potong lebih dulu bagian bawah. Setelah itu baru potong dahan dari atas ke bawah. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kerusakan batang.
     
  2. Potong hingga bersih dan rata, dahan yang tersisa.
     
  3. Bekas potongan yang menonjol, dibersihkan dan dipotong secara melingkar, menggunakan pisau tajam.
     
  4. Semprot atau olesi semua bekas potongan, dengan desinfektan, agar tidak ditumbuhi jamur.
     

Langkah 2: Pemangkasan rumput

Pemangkasan berguna untuk mempertahankan bentuk. Selain itu juga untuk membersihkan rumput dari semak dan gulma. Sebaiknya pemangkasan dilakukan 2-4 minggu sekali. Mencabut alang-alang pada hamparan rumput, dapat dilakukan dengan cara:

  1. Manual: dilakukan dengan memilih dan mencabut dengan tangan.
     
  2. Mekanis: dilakukan dengan menggunakan alat pemangkas rumput. Kendalanya adalah saat membersihkan alang-alang, yang tumbuh di antara rerumputan.
     
  3. Biologi: dilakukan dengan memberikan naungan yang cukup tinggi. Misalnya dengan menanam pohon penaung, Cordia Cylindrostachya.
     
  4. Kimia: dilakukan menggunakan penyemprot dan herbisida dalapon. Lakukan cara ini sebagai alternatif terakhir, karena penggunaan zat kimia bisa mengganggu tanaman lainnya.
     

Langkah 3: Pendangiran dan penyiangan

Pendangiran (pencangkulan dengan cangkul kecil) sebaiknya dilakukan pada musim hujan. Ini untuk menghindari tanaman kekurangan air. Penyiangan atau pencabutan rumput baik dilakukan, secara manual dan berkala secara teratur. Ini dilakukan agar tidak terjadi persaingan antara tanaman dengan gulma.


Anissa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com