Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kotak Perhiasan dengan Proteksi Biometrik dan USB

Kompas.com - 25/12/2008, 09:14 WIB

JAKARTA, KAMIS – Andai saja kotak safe deposit BII Thamrin menerapkan model yang dipakai oleh Syba pada kotak perhiasannya, mungkin raibnya isi kotak empat nasabahnya tidak akan terjadi. Sebab kotak yang diberi nama BioMirage Coffer ini tidak menggunakan model kunci biasa sebagai pengaman.

Sebagai ganti kunci konvensional, kotak perhiasan ini menerapkan pengaman dua lapis. Yang pertama adalah pengaman biometrik, yakni melalui pemindaian sidik jari pemiliknya. Pengaman kedua – sekaligus untuk jaga-jaga bila sidik jari pemiliknya susah dikenali atau bahkan tidak dikenali – adalah melalui kunci USB.

Jelas lebih menyenangkan daripada membawa-bawa sebuah kunci atau mengingat kata kunci bukan? Tetapi sebenarnya kotak ini tetap rawan pencurian, mengingat bobotnya hanya 10 pound. Artinya dengan mudah diambil oleh orang yang tak berhak dan mungkin dibanting untuk membukanya.

Namun bagaimana pun, teknologi tingkat tinggi yang diterapkan ini dapat mempersulit mereka yang tidak berhak untuk membuka kotak perhiasan itu. Sayangnya, kotak ini cukup mahal – 579 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com