Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Bisa Akses Internet, Persahabatan Tetap Awet

Kompas.com - 07/01/2009, 11:19 WIB

"Jadinya, saya cuti dari kerjaan saja, enggak jadi cuti dari Facebook".

Demikian postingan seorang anggota situs jejaring sosial Facebook menjelang liburan akhir tahun lalu. Ya, meski tidak ngantor dan enggak menenteng laptop, sepanjang liburan lalu, ia bisa tetap mengakses Facebook lewat ponsel.

Facebook memang telah membuat para anggotanya tergila-gila dan sukses mengalahkan seniornya, seperti Friendster. Demam Facebook semakin menjadi-jadi lantaran para vendor berlomba menyajikan berbagai fasilitas untuk memudahkan pelanggan mengakses jejaring sosial kesayangannya.

Sebut saja BlackBerry. Ponsel pintar bikinan Research in Motion (RIM) ini menyediakan aplikasi langsung ke Facebook dan MySpace. Walhasil, para pengguna handset buatan Kanada ini bisa mengakses kedua situs itu secara realtime. Di Indonesia RIM menggandeng Excelcomindo Pratama (XL).

Manajer BlackBerry dan Layanan Internet XL Handono Warih mengatakan, pelanggan dapat mengakses Facebook dan MySpace asalkan membuka langsung dari web browser. "Inilah salah satu kelebihan BlackBerry. Para pengguna bisa mengakses kapan saja dan melakukan update," terangnya.

Vendor asal Amerika, Palm, juga memanjakan penggunanya dengan akses langsung Facebook. Hanya saja, para penggunanya kudu men-download aplikasi Facebook for Palm di situs resmi Palm, yakni http://mobile.palm.com/facebook.

Tapi, tidak sembarangan jenis ponsel bisa digunakan. Sistem operasinya harus memiliki RAM minimum 2 MB dan memiliki sistem operasi V5.4.9. Jadi, yang paling pas adalah Palm Centro, Palm Treo 680, dan Palm Treo 775p.

Fiturnya tidak sama 100 persen

Tak mau kalah, Nokia pun mulai menggandeng situs jejaring sosial lewat produk terbarunya, seri 5800 XpressMusic yang nongol pada Desember lalu. Produk ini mempunyai akses langsung ke Facebook. "Setelah motret bisa langsung di-upload ke Facebook, OVI, atau flicker," ucap Dominikus Susanto, Manajer Produk Nokia. Kerja sama yang terjalin itu berbentuk media sharing dan games.

Sementara Sony Ericsson bilang, akses ke seluruh situs jejaring sosial tersebut sebenarnya bisa dilakukan melalui semua website mereka. Tentu saja asalkan terhubung dengan akses internet. "Tapi homepage langsung tidak ada," ajar Djunadi Satrio, Kepala Pemasaran Sony Ericsson Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com