Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mito 9000, PDA Phone Lokal Pertama

Kompas.com - 01/04/2009, 10:29 WIB

PDAphone dobel GSM, itulah andalan Mito 9000. Bila batere dibongkar, kita akan temukan 2
slot SIM. Yang atas dilabel sebagai slave mode dan dibaca sebagai SIM B, dan yang bawah sebagai master mode dan dibaca sebagai SIM A.

Meski dobel GSM, tombol Call tetap satu. Secara default, tombol ini memakai SIM A. Karena itu perlu trik untuk bertelepon dengan SIM B. Setelah memencet nomor yang diinginkan, pencet tombol menu kanan (atau ketuk Menu di kanan) dan pilih Dial B-SIM.

Mito 9000 juga menyortir SMS menurut SIM; kita akan temukan A-SIM SMS dan B-SIM SMS. Balasan SMS otomatis mengikuti SIM penerimanya. Sinyal tidak melihat cara untuk membalas SMS SIM A dengan nomor SIM B atau sebaliknya.

Ngomong-ngomong, baterai merupakan bagian dari desain bodi. Karena itu, tak mudah mencari alternatif baterai untuk Mito 9000. Tapi Mito cukup bermurah hati dengan menyertakan baterai tambahan dalam paket.

Dengan adanya keypad, penampilan Mito 9000 lebih mirip ponsel biasa. Jika diperhatikan dengan jeli, mungkin baru kita kenali adanya tombol berlogo Windows di antara tombol Call dan End call. Keypad-nya sendiri bersusun 1-2-3-#, 4-5-6-0, 7-8-9-*; mirip seperti yang biasa Sinyal lihat di sejumlah ponsel buatan Cina. Tombol On-off terpisah dari tombol End call; tombol itu diletakkan di kanan bodi sebelah atas.

Pengoperasian Mito 9000 mengingatkan Sinyal pada generasi Sony Ericsson seri P yang banyak mengandalkan roda menu. Ini digeser ke atas atau bawah untuk memilih menu, lalu dipencet untuk mengaktifkan menu yang dipilih. Mito 9000 punya roda menu serupa di kiri bodi sebelah atas. Di dekat roda menu ini ada tombol OK yang biasa dipakai untuk keluar
dari aplikasi.

Layar sentuh mengisyaratkan pemakaian sistem operasi Windows Mobile Professional; Mito 9000 masih memakai versi 6. Walau demikian, kinerja peranti ini terbilang oke. Setidaknya, aplikasi yang banyak memakai grafis bisa mengalir dengan mulus.

Sistem operasi Windows Mobile tentu saja terbuka terhadap aplikasi pihak ketiga. Jadi kita bisa menambahkan berbagai aplikasi kerja maupun hiburan yang kita sukai. Oya, stylus diletakkan di kanan bodi, di siku bawah. Sinyal tidak menemukan letak lubang Reset.

Tak ada Wi-Fi, tak ada 3G. Jadi kita hanya mengandalkan GPRS untuk koneksi ke cyber. Mito 9000 hanya menyediakan port GPS. Jadi kita harus pasang asesori receiver jika menginginkan GPS.

Mito menyiapkan kamera 2MP, plus cermin imut. Tombol kameranya ada di kanan bodi, sebelah bawah. Secara default, memencet-tahan tombol kamera akan membuka moda foto (Still). Tapi kita bisa pindah ke moda video dengan mudah dari Menu. Foto bisa diambil dengan resolusi maksimal 1200x1600, sementara video punya opsi maksimal 144x176.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com