Siaran TV Digital Diluncurkan Saat Harkitnas

JAKARTA, KOMPAS.com - Peluncuran siaran televisi digital swasta pertama akan dilakukan saat Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2009. Peresmiannya rencananya dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Layanan televisi digital ini telah lama dirintis, tetapi baru disebarluaskan pada tahun ini," kata Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal Sarana Komunikasi dan Informatika Departemen Komunikasi dan Informatika, Agnes Widiyanti, di Jakarta, Jumat.

Menurutnya, keunggulan televisi digital dibandingkan analog di antaranya adalah gambar lebih bagus dan satu saluran dapat berisi beberapa program. "TV digital lebih banyak informasi yang bakal didapat masyarakat," ujarnya.

Agnes mengatakan, siaran percobaan TV digital ini sudahdilakukan pertama kali mulai 13 Agustus tahun lalu di Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI. Uji coba tersebut berlangsung hingga September dan daerah yang diujicobakan masih dalam kawasan Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, dan Bekasi.

TV digital nantinya tetap dapat diterima menggunakan perangkat televisi analog yang saat ini digunakan masyarakat. Namun, harus ditambahkan set top box, perangkat khusus yang akan mengubah frekuensi digital ke analog.

Ia menyebutkan, pemerintah telah menyediakan sekitar 900 set top box untuk dibagikan secara cuma-cuma. Perangkat ini juga akan dijual secara komersial dengan harga masing-masing Rp 300 ribu.

Sementara itu, pemerintah juga akan meresmikan program desa berdering di 43.000 desa di Indonesia yang diikuti teleconference yang akan dilakukan SBY bersama Menteri Komunikasi dan Informatika Mohammad Nuh di SCTV 20 Mei 2009 pukul 10.00-12.00 WIB.

Editor:

 

TERBARU
Gadget
e-Business
Selasa, 30 Juni 2015 15.55 WIB
Insiden Pesanan iPhone Jadi Sabun, Ini Kata YLKI
Hardware
Selasa, 30 Juni 2015 15.29 WIB
Daftar Kecelakaan Pesawat Hercules TNI AU
Gadget
Selasa, 30 Juni 2015 15.15 WIB
Samsung Siapkan Sejumlah Ponsel Tanpa Android