Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow, Nokia N97 Pakai Memori 32 GB

Kompas.com - 08/06/2009, 14:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Nokia N97 hadir menggebrak pasar ponsel dunia dengan berbagai keunggulan. Salah satunya adalah kapasitas memori yang belum tersaingi produk buatan vendor lainnya.

Betapa tidak, memori internalnya saja 32 GB. Ini adalah ponsel pertama di dunia yang memiliki memori internal sebesar itu. Bahkan kapasitasnya bisa ditambah hingga 48 GB melalui slot memori eksternal.

"Kalau dipakai untuk menyimpan file musik, ini bisa cukup untuk memutar musik selama 35 hari tanpa henti," ujar Trisnawan Tjipto, Product Manager Nokia Indonesia, saat peluncuran N97 di Indonesia, Senin (8/6).

Tapi tentu saja siapa sih yang akan mendengarkan musik sampai 35 hari? Meski demikian kemampuan baterainya bisa dibilang mumpuni karena tahan 1,5 hari. "Kita pakai baterai 1500 mAh (mili ampere hour) yang cukup untuk 1,5 hari dengan kondisi untuk memutar musik," ujarnya.

Meski tak mau menjelaskan secara spesifik, Trisnawan mengatakan, kinerja prosesornya sudah di atas produk-produk sebelumnya.

Multimedia dan internet

Selain mengunggulkan memori, N97 disebut-sebut sebagai gabungan antara perangkat multimedia dan internet. Fitur-fiturnya mempermudah pengguna untuk melakukan dua aktivitas tersebut.

"Bisa dikatakan ini adalah perpaduan antara E71, E90, dan Nokia 5800," jelas Trisnawan. N97 hadir dengan layar sentuh selebar 3,5 inci, kamera Carl Zeiss 5 megapixel, GPS, dan WiFi. Pada posisi landscape, layarnya dapat digeser 45 derajat untuk menampilkan keyboard QWERTY yang tersembunyi. Saat layarnya digeser ke samping, di bagian kiri muncul pilihan tombol-tombol untuk mengakses kamera dan MP3.

Fitur baru yang ada di N97 adalah widget sehingga beberapa aplikasi pilihan dapat ditampilkan di layar. Nokia N97 juga menjadi ponsel pertama Nokia yang langsung terintegrasi dengan OVI Store, bursa aplikasi online yang dibangun Nokia. Sejumlah aplikasi yang sudah tersedia antara lain Facebook, Twitter, Reuters, Bloomberg, AP, hingga Kompas.com untuk konten lokal.

"Widget yang dipasang akan otomatis aktif feed-nya," jelas Trisnawan. Misalnya, saat pengguna memilih widget Facebook, secara otomatis akan terupdate setiap ada pesan atau notifikasi baru.

Nokia N97 juga menjadi ponsel pertama yang sudah dilengkapi aplikasi Facebook khusus untuk Nokia. Aplikasi ini sudah memiliki fitur update, upload foto, dan kirim pesan.

"Ini juga bisa disebut social networking multimedia karena sudah terintegrasi Facebook, Twitter, dan sebagainya,"jelas Trisnawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com