Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TKI di Malaysia Bisa Transfer Instan Lewat SMS ke XL

Kompas.com - 09/06/2009, 22:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Daripada risiko tak aman jika bawa uang tunai saat pulang, para tenega kerja Indonesia (TKI) di Malaysia kini dapat mengirim uang ke tanah air secara instan. Mereka cukup tukarkan uang tunai menjadi uang virtual ke dalam digital wallet dan bisa ditransfer ke bank di tanah air lewat SMS.  

Layanan Transfer Instan itu kini tersedia atas hasil kerja sama antara operator seluler Celcom di Malaysia, PT Excelcomindo Pratama (XL), dan Bank BNI. Pada sistem Transfer Instan ini, XL sudah mengintegrasikannya dengan sistim mobile wallet dari Celcom sehingga pengguna kartu Celcom dapat mengirimkan uang langsung dari telepon genggamnya kapan saja dan di mana saja kepada pelanggan XL di Indonesia.

"XL ingin sekali membantu mereka dengan layanan berbasis teknologi telekomunikasi selular yang akan sangat mempermudah mereka dalam mengirimkan uangnya ke kampung halaman secara aman," ujar Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi dalam rilis persnya yang diterima Kompas.com.

Untuk melakukan layanan ini, TKI harus mendaftarkan diri ke dalam layanan mobile-wallet Celcom yang dikenal dengan nama AirCash. Uang virtual yang disimpannya kemudian dapat dikirimkan ke pelanggan XL baik Prabayar maupun Pasca Bayar langsung dari telepon genggamnya. Pelanggan cukup memasukkan nomor XL yang dituju, nama, nomor identitas penerima dan jumlah dana yang akan ditransfer.

Setelah perintah pengiriman uang dilaksanakan oleh pelanggan, sistem Transfer Instan secara real time akan mengirim SMS notifikasi ke penerima yang berisi pemberitahuan bahwa pelanggan XL tersebut telah mendapatkan pengiriman uang beserta kode khusus untuk pengambilan uang. Penerima dapat mengambil dana tersebut di cabang/kantor layanan BNI yang melayani Transfer Instan dalam kurun waktu sampai dengan 14 hari. Penerima dana cukup menunjukkan SMS notifikasi ini dan identitas diri berupa KTP kepada petugas BNI pada saat melakukan pengambilan uang.

Tarif promo atas layanan ini adalah 5 RM (Ringgit Malaysia) untuk transaksi sampai untuk sementara ini maksimal 1000 RM. Biaya dikenakan ke pihak pengirim saat proses pengiriman, sementara penerima dana tidak dikenakan biaya apapun. Jika dalam batas waktu tersebut tidak diambil, maka dananya akan dikembalikan ke mobile-wallet pengirim.

Jaringan cabang/kantor layanan yang dapat melayani Transfer Instan saat ini ada 25 cabang/kantor layanan BNI yang dapat melayani layanan Transfer Instan yaitu cabang/kantor layanan yang berada di daerah asal TKI seperti Jawa Barat (Soreang, Cirebon, Indramayu, Cianjur), Jawa Tengah (Semarang, Purwokerto, Surakarta, Cilacap), Jawa Timur (Surabaya, Lamongan, Madiun, Malang, Tulungagung, Blitar, Ponorogo, Kediri, Jember, Banyuwangi, Sumenep, Sampang, Pamekasan), NTB (Selong, Mataram, Sumbawa Besar) dan DKI Jakarta (Dukuh Bawah). Ke depannya akan terus diperluas untuk cakupan nasional.

Sebelumnya, pada bulan Agustus 2008, XL dan BNI telah menghadirkan layanan Transfer Instan ini untuk pengiriman uang dari Hong Kong ke Indonesia. Rencana ke depan, XL akan terus mengembangkan layanan ini ke negara-negara lain agar pelanggan XL dapat menikmati kemudahan menerima pengiriman uang dari luar negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com