Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Bravia VPL-VW80 SXRD, Proyektor Full-HD

Kompas.com - 17/06/2009, 14:44 WIB

Meski saat ini ada banyak jenis proyektor yang hadir di tanah air, proyektor yang mendukung tampilan High Definition, khususnya Full HD, masih dapat dihitung dengan jari. Salah satunya adalah produk dari Sony ini. Sony yang gencar dengan penerapan teknologi Bravia-nya, mencoba menerapkan teknologi tersebut pada proyektor ini.

Sony Bravia VPL-VW80 SXRD memiliki bentuk yang “bongsor” dengan bobot cukup berat. Desainnya yang membulat dengan lensa yang agak timbul ke depan terkesan futuristik. Tinggi proyektor dapat diatur melalui kaki bagian depan dengan memutarnya naik atau turun.

Macam-macam tipe koneksi disediakan oleh proyektor ini, mulai dari D-Sub, Component, sampai HDMI sebanyak 2 buah yang semuanya berada di sisi proyektor. Pada saat dinyalakan, lensa proyektor akan terbuka layaknya lensa kamera digital, sementara pengaturan lensa bisa diatur secara digital.

Proyektor ini memiliki segudang fasilitas untuk memanjakan penggunanya. Sebut saja Bravia Engine. Feature ini berguna memoles tampilan agar tampak lebih hidup dan nyata. Kemudian terdapat pula feature MotionFlow, untuk membuat gerakan agar tampil dengan mulus (karena didukung dengan response time sebesar 2,5 ms.

Tingkat kontras sebesar 60.000:1 yang tertulis pada proyektor ini bukan sekadar tulisan, karena bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh feature Advanced Iris 2. Advanced Iris 2 adalah feature di mana proyektor akan menganalisa adegan kemudian dengan sendirinya menyesuaikan seberapa banyak cahaya keluar yang dibutuhkan. Kecepatan dari reaksi “iris” ini dapat diatur pada menu. Masih banyak lagi beragam feature lainnya yang bertujuan menghadirkan tampilan yang sedap dipandang mata.

Pada pengujian yang dilakukan, proyektor ini membutuhkan waktu beberapa menit sebelum siap digunakan atau lebih dikenal dengan istilah warming up .Setelah siap untuk beraksi, proyektor ini mampu menghasilkan gambar yang mengagumkan. Kami mencoba memutar video FullHD sesuai dengan resolusi native-nya. Hasilnya ternyata cukup bagus, dengan gambar yang tampil tajam. Setiap detil gambar juga mampu ditampilkan dengan baik begitu pula dengan reproduksi warnanya.

***


Secara keseluruhan proyektor ini mampu memenuhi kebutuhan Anda yang haus akan tampilan yang luar biasa. Kombinasikanlah perangkat ini dengan perlengkapan home theater, dan Anda akan siap menikmati bioskop pribadi di rumah.

Sumber: InfoKomputer

PLUS: Kualitas tampilan memadai, feature melimpah

MINUS: Mahal


SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)
Kinerja : 4
Fasilitas : 4,25
Kemudahan : 4
Harga : 3,5
SKOR TOTAL : 3,9

SPESIFIKASI : Sony Bravia VPL-VW80 SXRD
Teknologi: Sony SXRD
Resolusi (native/maksimal): 1080p Full HD, 1920 x 1080
Intensitas: 800 ANSI Lumen
Rasio kontras: 60.000:1
Proyeksi layar: 40 – 300 inci
Rentang proyeksi: 1,4- 14,3 m
Koneksi: VGA-in, S-video, Component, HDMIx2
Dimensi (plt): 47x17,9x48,2 cm
Kelengkapan:
- Manual
- Kabel power
- Remote control
- Baterai
Bobot: 12 kg
Situs Web: www.sony.com
Garansi (unit/lampu): 2 tahun
Harga kisaran (unit/lampu)*: US$ 7.500
* Galva Technovision 345-6650

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com