Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apong Online, Tuna Netra pun Bisa Main Game

Kompas.com - 09/08/2009, 09:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jarang ada game atau program yang mendukung tuna netra untuk bermain di dunia Cyber, tetapi  hal tersebut akan berubah. Dalam Ritech 2009 yang berlangsung di Gelora Bung Karno, Jakarta, ditunjukkan sebuah software yang dikembangkan untuk tuna netra.

Software yang ditujukan untuk tuna netra tersebut adalah sebuah game online berbasis engine Angel-lite bernama Apong Online.  “Menteri Komunikasi dan Informatika, bapak Mohhammad Nuh, ingin agar kami juga menciptakan software game untuk tuna netra juga,” jelas Managing Director Game Nusantara Online, Heru Nugroho dalam pembukaan acara Ritech 2009  Jumat (7/8).

Berbeda dengan game-game online kebanyakan, Apong Online adalah game ping-pong. Di dalam game ini, tuna netra bisa mengendalikan karakter yang terpampang dengan bantuan respon suara. Selain itu, sesuai namanya, Apong Online, game ini juga bisa dimainkan secara online di mana pemain  tuna netra juga bisa bertanding denga pemain tuna netra dari daerah lain. “Game ini kami buat agar pemain tuna netra juga bisa merasa fun dalam bermain komputer,” ungkap Heru Nugroho menambahkan.

Rencananya game ini akan diluncurkan tahun depan. Meskipun begitu, belum ada tanggal pasti untuk kapan beta test dan launchingnya akan berlangsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com