Bikin Sound System Masjid Enggak Lagi Sember, Cempreng, dan Krasak-kresek.

Dibaca:
Komentar :
V8

JAKARTA, KOMPAS.com - Sember, cempreng, krasak-kresek atau bahkan hilang-timbul. Boleh jadi, itulah anggapan umum masyarakat tentang buruknya kualitas sound system yang ada di hampir semua masjid di Indonesia. Al Karim ingin mengubah citra itu.

Al Karim bukan nama orang atau ahli di bidang sound system, yang ingin membuat perubahan besar-besaran pada kualitas sound system di banyak masjid, yang umumnya berada di tengah-tengah pemukiman masyarakat baik di kota maupun desa.

Ya, Al Karim adalah sebuah nama baru seri sound system yang diluncurkan oleh V8Sound.com untuk menyambut bulan suci Ramadhan tahun ini. Al Karim didesain sebagai seri khusus untuk memenuhi kebutuhan sound system di dalam masjid.

"Setidaknya untuk mengubah anggapan miring soal buruknya kualitas sound system di dalam masjid, kami juga ingin masjid-masjid kini memiliki sound system yang bagus," ujar Harry Kiss, pemegang hak cipta V8Sound.com, di Jakarta, Selasa (25/8), kepada Kompas.com.

Khusus di bulan suci Ramadhan, kata Harry, Al Karim diharapkan bisa mendukung kebutuhan pengurus masjid dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan ibadah di dalamnya, baik itu adzan, shalat tarawih, kultum, ceramah subuh, atau pemberitahuan sahur dan imsak.

Speaker Kardus VS Speaker TOA


Speaker dengan desain mini, ringan dan serbapraktis seperti itulah performa sound system tipe V8Sound.com. Salah satu tipe terbarunya adalah Al Karim.

Meskipun mini, setiap tipe V8Sound.com mampu menghasilkan suara sangat jernih dengan kekuatan yang tinggi. Harry bilang, bunyi-bunyian keras dan jernih tak lagi harus selalu dihasilkan dari tumpukan speaker serba besar. Memenuhi kebutuhan sound system di Istora Senayan, Jakarta, misalnya, kini cukup dibutuhkan empat unit speaker seukuran kardus mi instan.

Umumnya, tambah Harry, sound system bisa dibagi dalam dua kategori kualitas utama, yaitu High FI dan High SPL (High Pressure Level). High Fi punya kualitas suara yang bagus, lanjut Harry, tetapi volumenya tidak bisa kencang.

"Jadi, bagaimana caranya dengan kualitas sound system berkelas HiFi (High Fidelity) tetapi bisa sekencang High SPL, maka keduanya harus digabungkan. Itulah yang kami lakukan di sini," ujar pembina jaringan Mesjid Al Karim, yang kini telah menjangkau 28 mesjid di seluruh Indonesia.

Harry mengatakan, sejak dulu sampai saat ini umumnya masjid di Indonesia menggunakan TOA sebagai perangkat sound system-nya. Padahal, tambah Harry, kualitas TOA di dalam masjid rata-rata berkualitas High SPL, tetapi tidak HiFi.

"TOA di masjid itu dikhususkan untuk kualitas volume, tidak sekaligus untuk kualitas vokalnya, sehingga itu yang membuatnya seringkali terdengar sember atau krasak-kresek," ujar Harry.

Untuk itulah, kata Harry, V8Sound.com didesain secara khusus berdasarkan pengalamannya mengamati kualitas sound system di hampir semua masjid di Indonesia. Yaitu, kata dia, dengan menggabungkan kualitas HiFi dan High SPL sekaligus.

Untuk radius indoor, sebutlah Stadion Gelora Bung Karno Senayan, misalnya, kualitas dengar V8Sound.com mampu mencapai jarak clear hingga 73 meter dari tribun. Sedangkan radius outdoor, jaraknya bisa mencapai 50 - 70 meter.  

"Kualitas volume suara ada, tetapi estetikanya tetap terjaga," ujarnya.

Rambah Mancanagara


Di Indonesia, cerita Harry, V8Sound.com pernah mendukung kampanye Pilpres 2009 oleh pasangan SBY-Boediono, di Stadion Gelora Bung Karno Senayan, Hall D Arena Pekan Raya Jakarta, di Sabuga Bandung, serta sejumlah daerah lainnya. "Di Gelora Bung Karno kami hanya pasang 4 speaker," ujar Harry

Stasiun televisi swasta RCTI pun memanfaatkan kecanggihan V8Sound.com saat merayakan hari ulang tahunnya pada 2008 lalu. Kini, masjid di stasiun televisi tersebut juga sudah menggunakannya, termasuk 11 masjid lainnya di kawasan Jakarta, Serang, dan Lembang.

Awalnya, rancangan V8Sound.com dikembangkan sejak 2004, dan mulai diproduksi sejak 2006. Kini, V8Sound.com telah merambah mancanegara seperti Jerman dan Swiss di Eropa, serta Myanmar dan Singapura di Asia.

"Tahun depan kami akan berpameran di Frankfurt MusikMesse 2010, bekerja sama dengan SonicEmotion dari Switzerland yang mendalami teknologi 3D Surround Sound di dunia," ujar Harry, yang mengklaim V8sound.com akan menjadi satu-satunya peserta dari Indonesia di ajang pameran akbar pro audio kelas dunia itu.

Editor:

 

TERBARU
Internet
Rabu, 23 Juli 2014 09.36 WIB
MH17 Ramai Jadi Kedok Spam
Internet
Selasa, 22 Juli 2014 18.37 WIB
Ainun Najib, Teknologi Informasi untuk Negeri
Gadget
Internet
Selasa, 22 Juli 2014 16.28 WIB
Prabowo dan #PresidenBaru Mendunia
Software
Selasa, 22 Juli 2014 16.27 WIB
Geser Ayam, Demi Hindari Bom
TERPOPULER
Selasa, 22 Juli 2014 13.24 WIB
Ini Akun Instagram Si Cantik Sabina Altynbekova
Rabu, 16 Juli 2014 16.28 WIB
Pengguna Kartu SIM Lama Wajib Registrasi Ulang
Senin, 21 Juli 2014 15.09 WIB
Waspada, Berita Pilpres Bohong dari Situs Ini
Jumat, 18 Juli 2014 10.58 WIB
Selamat Tinggal Android Nokia X
Jumat, 18 Juli 2014 09.05 WIB
Crowdsourcing, Jurus Jitu Awasi Pemilu