Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adobe Flash Player 10.1 Bawa Animasi ke Smartphone

Kompas.com - 05/10/2009, 17:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah kebutuhan layanan multimedia meningkat pesat, Adobe mengumumkan Flash Player 10.1 untuk berbagai platform smartphone melalui Open Screen Project. Dengan aplikasi ini beragam konten animasi serta game-game dan video berbasis Flash bisa dimainkan di berbagai ponsel pintar.

Flash Player 10.1 juga sudah dilengkapi fitur yang mendukung layar sentuh, akselerometer, dan screen orientation. Selain itu, sofware ini juga mendukung kontrol berbasis sensor gerakan yang saat ini banyak dipakai untuk navigasi game dan musik. Adobe mengklaim software ini tidak akan menyedot daya besar saat memainkan beragam konten dan menghabiskan baterai.

Versi beta untuk pengembang akan tersedia akhir tahun ini. Masing-masing untuk platform Windows Mobile dan Palm webOS. Sementara versi beta untuk BlackBerry, Symbian, dan Android baru akan tersedia tahun 2010.

Adobe menyatakan tak kurang dari 19 vendor handset telah bekerja dengannya untuk mengintegrasikan software tersebut. Bahkan, bukan tidak mungkin Flash Player 10.1 akan mendukung handset-handset non-smartphone.

Sayangnya software tersebut belum akan mendukung iPhone. Adobe menyatakan pihaknya masih berupaya agar Flash Player bisa mendukung platform buatan Apple tersebut meski masih sangat terbatas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com