Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinta Epson DURABrite Ultra Tak Larut dalam Air

Kompas.com - 07/10/2009, 09:01 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Teknologi printer Epson diikuti dengan terobosan alat kelengkapannya, salah satunya teknologi cartridge dan tinta. Product Manager for Retail Product and Consumables Epson Indonesia Riswin Li mengatakan saat ini hampir semua produk printer terbaru dari Epson menggunakan tinta Epson DURABrite Ultra, termasuk Epson Stylus Office T1100 yang diluncurkan di Denpasar, Selasa (6/10) kemarin malam.

Tinta DURABrite Ultra sangat dibanggakan Epson karena tak mudah larut dalam air. Tinta ini terbuat dari pigmen yang berlapis resin, yaitu partikel-partikel yang tidak larut dalam air. Oleh karena itu, kebutuhan akan pencetakan dokumen dan foto yang brilian dapat terpenuhi. Tinta ini tak larut dalam air karena pigmen ini cepat kering.

Sifat ini berkontribusi pula dalam memberikan kemilau pada hasil cetak dan membuatnya tahan luntur dan tahan pudar, bahkan pada kertas biasa sekalipun. Bahkan, Epson mengklaim tingkat ketahanannya mencapai 120 tahun. Pada Stylus Office T1100, tinta terbundling dalam sistem cartridge Epson INKdividual.

Sistem ini memungkinkan pengguna lebih mudah mengganti satu set tinta (B/W atau warna) saja jika habis tanpa perlu mengganti set yang lainnya. Untuk penggunaan cetak dalam volume besar, juga tersedia cartridge dalam kapasitas lebih besar. Menurut Riswin, hanya dua printer Epson M230 dan SP1390 yang tak menggunakan tinta ini. Keduanya memakai tinta khusus Die Ink untuk kepentingan kelas fotografi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com