Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung C6625 Valencia: PDA komplit Ber-keypad QWERTY

Kompas.com - 09/10/2009, 15:34 WIB

Sebetulnya Valencia alias Samsung C6625.masih termasuk anggota keluarga BlackJack yang berciri khas keyboard Qwerty. Yang satu ini terasa beda mungkin karena bodinya yang "lebih kotak" dan jauh lebih lebar. Bandingkan dengan SGH-i780, misalnya, yang terlihat lebih fashionist dan lebih ramping.

Valencia juga memakai warna kombinasi separuh hitam separuh perak; dibanding para pendahulunya yang terlihat solid dengan warna bodi seluruhnya hitam. Casing terbuat dari bahan plastik. Ini membuat bobotnya ringan. Namun juga membuatnya gampang lecet tergores sehingga akhirnya terkesan murah meriah.

Layarnya bukan layar sentuh; jadi kita tak bisa pakai stylus. Home screen terlihat berbeda karena ada semacam pita tab di sisi kiri layar. Ini kira-kira mirip dengan pita widget di Samsung Omnia. Tab yang Sinyal lihat adalah Home, Contacts, Music, Photo dan Shortcuts. Sinyal tidak berhasil menemukan cara untuk mengganti tab tersebut. Yang bisa diubah hanya pintasan yang ada dalam Shortcuts.

Untuk pindah antar tab, kita harus pencet dulu tombol Home, lalu gunakan navigasi atas-bawah untuk memilih tab. Nah, untuk masuk ke ikon yang ada dalam tab tersebut, pencet navigasi kanan untuk masuk ke tab, selanjutnya kita bebas gunakan navigasi sesuai arah yang dituju.

Sisi bawah layar ditempati tombol call, end call di ujung kiri-kanan; menu kiri-kanan berpasangan dengan home (gambar rumah) dan c (dari clear); serta navigasi 4-arah plus tengah. Navigasi ini tak dibebani tugas sebagai pintasan.

Keyboard Qwerty terdiri dari 4 baris. Kami melihat beberapa tombol pintas di baris paling bawah; antara lain Internet Explorer (gambar bola dunia), Windows Media (nada), Messaging (amplop), dan Camera (kamera).

Untuk menyalakan-mematikan peranti, ada tombol on-off di ujung kiri sisi atas bodi. Lubang tali gantungan di siku kanan.

Sistem Operasi
Karena layarnya bukan layar sentuh, tak heran bila Valencia hanya memakai Windows Mobile 6.1 Standard. Sistem operasi ini didukung banyak aplikasi pihak ketiga sehingga mudah saja untuk menambahkan aplikasi lain yang kita inginkan, baik untuk pendukung kerja maupun sekadar bersenang-senang.

Di antara ekstra aplikasi, kami melihat ada Midomi untuk Music Recognition. Lalu ada pula Facebook, ShoZu dan BeejiveIM.

Samsung juga mengatakan bahwa Valencia mendukung Java MIDP 2.0. Jadi kita juga bisa memanfaatkan aplikasi berbasis Java.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com