Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ubuntu 9.10 Karmic Koala Hadang Windows 7

Kompas.com - 23/10/2009, 22:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran sistem operasi Windows 7 yang diikuti ketersediaan PC dan laptop dari berbagai vendor komputer langsung dihadang sejumlah pesaing-pesaingnya. Jika menjelang peluncuran Apple dan IBM merilis penawaran baru, kini giliran Ubuntu yang siap meluncur ke pasaran.

Canonical selaku pengembang software Ubuntu, menyatakan bahwa Ubuntu 9.10 yang sebelumnya dikenal dengan kode Karmic Koala telah mencapai versi RC (Release Candidate). Artinya, software berbasis open source yang bebas dipakai siapa saja secara cuma-cuma itu selangkah lagi sampai versi final.

Berdasarkan informasi yang dirilis dalam web resminya, Ubuntu 9.10 versi final akan tersedia mulai 29 Oktober 2009. Sementara versi beta sampai saat ini bisa diunduh baik untuk server, desktop, maupun laptop.

Ubuntu 9.10 merupakan upgrade dari versi sebelumnya Ubuntu 9.04 yang dikenal dengan nama Jaunty Jackalope. Dibangun di atas kernel Linux 2.6.31.1, Ubuntu 9.10 diklaim memeiliki waktu booting lebih cepat, tampilan lebih menarik, dan tool pemrograman yang lebih mudah diadaptasi.

Versi Ubuntu yang disebut Karmic Koala selama pengembangan ini juga dilengkapi Ubuntu Software Center yang dapat menambah dan mengurangi program seperti fitur yang ada dalam Windows. Canonical juga menyertakan Ubuntu One, layanan sharing data dan penyimpanan online gratis 2 GB dan dapat ditambah 50 GB dengan biaya 10 dollar AS per bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com