Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden SBY Resmikan Pembangunan Palapa Ring

Kompas.com - 30/11/2009, 15:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan awal pembangunan Palapa Ring untuk sektor selatan Indonesia Bagian Timur berupa pembangunan fisik program penggelaran serat optik yang menghubungkan Mataram, NTB, hingga Kupang, NTT.

Peresmian dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Senin (30/11), ditandai dengan konferensi video jarak jauh antara Presiden dan Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring serta Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Zainul Majdi. Pembangunan Palapa Ring untuk sektor selatan Indonesia Bagian Timur sepenuhnya dibiayai oleh PT Telkom dan diharapkan selesai pada akhir November 2010.

Jalur yang dilewati oleh sektor tersebut adalah Mataram-Kawinda Nae sepanjang 292,3 kilometer, Kawinda Nae-Raba sepanjang 142,5 kilometer, Raba-Waingapu sepanjang 307,5 kilometer, Waingapu-Ende sepanjang 210,1 kilometer, dan Ende-Kupang sepanjang 285,4 kilometer.

Palapa Ring merupakan program pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau 33 ibukota provinsi dan 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia. Jaringan itu akan menjadi tumpuan semua penyelenggara telekomunikasi dan pengguna jasa telekomunikasi yang membutuhkan transfer data dalam kecepatan tinggi atau pita lebar.

Pada acara peresmian Palapa Ring tersebut, Presiden sekaligus meresmikan mulai beroperasinya program telepon berdering sebagai salah satu program pemerintah untuk memperkecil kesenjangan informasi. Pada akhir 2009 diharapkan sebanyak 25 ribu desa di Indonesdia terjangkau akses komunikasi, dan pada akhir 2010 diharapkan 31.824 desa mendapatkan akses komunikasi.

Acara peresmian dihadiri oleh sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu antara lain Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, dan Menteri Perhubungan Freddy Numberi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com