Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Prosesor Intel Core i7 Palsu Beredar

Kompas.com - 08/03/2010, 16:32 WIB

SAN DIEGO, KOMPAS.com - Berita soal pembajakan software mungkin bukan hal baru, namun kalau hardware seperti prosesor dibajak baru kabar hangat. Apalagi yang dipalsukan adalah prosesor Intel Core i7-920 yang merupakan produk flagship baru perusahaan prosesor terbesar itu.

Jumat (5/3/2010) pekan lalu, situs HardOCP melaporkan hal tersebut dari salah satu anggota forum online-nya. Pelapor yang membeli prosesor dari Newegg, salah satu toko online di AS, bukannya mendapatkan prosesor yang diinginkan tapi sebuah kotak berisi prosesor palsu berikut pelincung panan dan kipas yang dicetak dari bahan plastik.

Prosesor palsu tersebut dijual dalam kemasan khusus dan berisi buku manual namun halamannya kosong. Selain itu, pada stiker di bagian luarnya terdapat banyak salah tulis, seperti yang seharusnya socket ditulis sochet.

Belum ada penjelasan bagaimana barang palsu yang dibuat mirip kemasan asli tersebut bisa beredar. Newegg dilaporkan langsung mengganti dengan barang yang asli begitu mendapat laporan, namun belum dipastikan berapa banyak konsumen yang tertipu.

"Intel sangat peduli dengan kemungkinan pemalsuan paket i7-920 di pasaran dan sedang berupaya mengidentifikasi berapa banyak dan di mana dijualbelikan," ujar Nick Jacobs, juru bicara Intel seperti dilansir PC World, Senin (8/3/2010).

Ia mengatakan pembeli yang merasa tertipu dengan produk semacam itu diminta untuk melapor ke toko yang menjualnya. Kalaupun tidak cukup, konsumen diminta melaporkan kepada pihak aparat berwenang. Memang perlu hati-hati membeli prosesor yang harganya sampai jutaan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com