Telepon Umum Jadi Stasiun Isi Ulang - Kompas.com

Telepon Umum Jadi Stasiun Isi Ulang

Kompas.com - 06/05/2010, 21:02 WIB

WINA, KOMPAS.com — Makin banyaknya pengguna telepon seluler membuat telepon umum ditinggalkan. Operator telekomunikasi di Austria, Telekom Austria, pun berpikir mengubah fungsi telepon umum bukan lagi tempat menelepon, melainkan menjadi tempat isi ulang baterai. Uji coba pembukaan fasilitas isi ulang baterai dilakukan mulai Selasa (4/5/2010).

Ide mengubah peruntukan fasilitas umum ini dipicu tingginya pertumbuhan mobil dan motor listrik seiring kampanye hijau di sana. Tercatat tak kurang dari 223 mobil listrik dan 3.559 mobil hibrida ada di Austria dari 4,36 juta mobil di negara tersebut, Jumlahnya pun diperkirakan mencapai 405.000 unit pada tahun 2020.

Telepon umum pertama yang diubah fungsinya dipamerkan di depan kantor Telekom Austria di Wina. Sepanjang tahun ini akan ada lebih dari 29 telepon umum yang akan diubah dan terus bertambah. Telekom Austria sendiri memiliki 13.500 telepon umum di seluruh negara tersebut.

Pada masa uji coba, warga yang melakukan isi ulang tak dikenakan biaya. Untuk sebuah mobil listrik, rata-rata butuh waktu 6,5 jam untuk isi ulang. Adapun motor listrik butuh 80 menit, dan sepeda listrik 20 menit. Telekom Austria berencana mengembangkan sistem pembayaran yang bisa dilakukan melalui telepon seluler.

Saat ini mungkin untuk mobil dan motor listrik. Namun, bukan mustahil fasilitas tersebut juga potensial sebagai stasiun pengisian baterai ponsel, bukan?

Editorwah
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM