Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah "Yoghurt Beku" Berikutnya "Roti Jahe"

Kompas.com - 24/05/2010, 15:03 WIB

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com - Google baru saja mengumumkan versi terbaru Android 2.2 yang disebut dengan nama Froyo dari kata frozen yoghurt (yoghurt beku). Setelah Froyo, versi berikutnya yang sedang disiapkan akan diberi nama Gingerbread alias roti jahe.

Pada versi sebelumnya, Google memang konsisten menggunakan nama makanan sebagai nama kode untuk software Android mulai dari Cupcake (versi 1.5), Donut (1.6), Eclair (2.0 dan 2.1), dan terakhir Froyo (2.2). GIngerbread kabarnya akan dirilis pada kuartal keempat tahun ini.

Belum ada rilis resmi apakah Gingerbread merupakan sebutan untuk Android versi berikutnya 2.3 atau bahkan 3.0. Namun, yang pasti bocorannya menyatakan bahwa Gingerbread akan mengalami perubahan signifikan dibanding pendahulunya. Gingerbread disebut-sebut akan menggunakan Linux Kernel baru yang sedang dikembangkan.

Brian Swetland, Android Linux Kernel Guru dari Google pernah mengungkapkan bahwa Gingerbread akan menggunakan LInux Kernel .33 atau .34. Eclair sebelumnya menggunakan versi .29 dan Froyo kini menggunakan Linux Kernel .32.

Selain itu, Gingerbread juga dikatakan menjadi platform versi pertama yang mendukung penuh WebM, video codec terbaru berbasis open source yang baru saja dirilis Google untuk konten berbasis web.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com