Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koprol Artinya Menggelinding Alias "Mobile"

Kompas.com - 25/05/2010, 19:35 WIB

KOMPAS.com - Yahoo, perusahaan besar internasional, memutuskan untuk mengakuisisi layanan jejaring sosial asli Indonesia bernama Koprol, Selasa (25/5/2010). Menurut Satya Witoelar, salah seorang penggagasnya, nama Koprol berarti menggelinding.

"Itu sih kita cari-cari saja nama yang lucu, artinya orang gelinding. Lalu anak-anak ngartiin koprol pindah dari satu tempat ke tempat lain," kata Satya yang ditemui di kantor PT SkyEight Indonesia, perusahaan pencipta Koprol, Jalan Radio I, Jakarta, Selasa (25/5/2010). Sesuai namanya, Koprol memang dirancang buat orang-orang yang mobile.

Koprol yang semula merupakan proyek iseng PT SkyEight Indonesia tersebut, menurut Satya, melambangkan dinamika masyarakat kota Jakarta yang mobilitasnya tinggi, sering berpindah dari satu tempat ke tempat lain. "Jaman sekarang, kita ingin setiap berpindah tempat ada yang menemani, nah dengan Koprol itulah," katanya.

Mirip dengan jejaring sosial lain, dengan layanan Koprol, pengguna dapat berbincang dengan pengguna lainnya melalui ponsel. Uniknya, Koprol mengidentifikasi orang-orang berdasarkan lokasi orang-orang tersebut berada.

"Misalnya kita search daerah Palmerah, nanti muncul nih siapa-siapa saja orang yang lagi di Palmerah, mereka ngomong apa," kata Satya. Dengan begitu, lanjut Satya, pengguna dapat berbincang dengan orang yang belum dikenal sama sekali. "Kalau situs yang lain kan sama yang berteman, atau yang follow, kalau kita nggak," ujarnya. "Asiknya bisa ngobrol sesuai konteks lokasi kita dengan, Siapapun yang bersedia," tambah Satya.

Target utama layanan Koprol menurut Satya adalah pengguna berbagai jenis ponsel, bukan hanya pengguna smartphone. Koprol juga dinilai Satya dan Yahoo sebagai layanan jejaring sosial yang cocok untuk kondisi masyarakat Indonesia. Setelah diakusisi Yahoo, pengelola koprol akan sekantor dengan Yahoo.

Ke depannya, Satya mengatakan bahwa Koprol akan terus memperbaiki layanan hingga menjadi besar di Indonesia. "Memperkuat, dan menambah SDM yang orang Indonesia," katanya.

Satya sebagai salah satu penggagas Koprol juga berpesan agar penggiat-penggiat software di Indonesia terus menghasilkan karya yang unik. "Jangan ragu kalau harus ada keputusan besar, soalnya kita masih muda banget industrinya di Indonesia," katanya. Saat ini pengguna Koprol mencapai 75 ribu orang. Sekumpulan pengguna bahkan membentuk komunitas Koprol daerah masing-masing. Komunitas Koprol tersebut, menurut Satya sering berkunjung ke kantor SkyEight.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com