Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eee Tablet, E-Reader Sekaligus Buku Catatan

Kompas.com - 01/06/2010, 12:21 WIB

TAIPEI, KOMPAS.com – Apa jadinya jika notepad dikawinkan dengan e-reader? Eee Tablet, begitu kata Asus. "Ini perangkat tunggal yang mengubah gaya baca dan tulis," kata Jonney Shih (Chairman, Asustek Computer Inc.) dalam acara jumpa pers di hotel Grand Formosa, Taipei, Taiwan (31/5/2010).

Alhasil jadilah sebuah perangkat yang berfungsi sebagai notepad elektronik, e-reader dan juga media player. Bedanya, pemakai akan merasa lebih natural menggunakannya, seolah-olah menulis di atas kertas biasa. "Untuk membalik satu halaman cuma perlu 0,1 detik, atau 10x lebih cepat dibandingkan produk pesaing," jelas Jonney. Sinkronisasi dengan PC atau notebook bisa dilakukan via port USB atau slot kartu microSD.

"Seperti bikin sketsa di kertas biasa. Ada resistensi seperti ketika menulis di kertas. Tapi di sini ada banyak template-nya," ucap Jonney tentang tablet berlayar sentuh dengan resolusi 2450 dpi tersebut. Eee Tablet yang punya koneksi WiFi ini ditujukan untuk mahasiswa dan profesional bisnis yang mobile.

Di perangkat ini, kamu juga bisa men-tag dan melakukan pencarian dengan mudah. Motret pun bisa, karena kamera EDOF 2 megapiksel sudah dibenamkan. Artinya snapshot atau foto dari whiteboard dan slide-slide kuliah bisa diambil, dan juga diimbuhi catatan.

Eee Tablet ini, tambah Jonney, tidak akan membuat penggunanya sakit mata karena silau. Sebab ia tidak menggunakan teknologi backlight. Juga tidak perlu kuatir harus sering-sering mengisi ulang daya baterainya karena Asus menjanjikan durasi sampai 10 jam. Eee Tablet ini konon akan dijual dengan harga kisaran 399 - 449 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com