Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antena iPhone 4 Bermasalah

Kompas.com - 25/06/2010, 16:24 WIB

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com — Di hari pertama penjualannya, Apple langsung mendapat keluhan dari para pengguna iPhone 4. Sejumlah pemilik melaporkan, beberapa kali penerimaan sinyal sangat buruk, bahkan hilang sama sekali.

Rupanya masalah ini berkaitan dengan desain antena baru yang diterapkan di iPhone 4. Apple menjadikan lapisan stainless steel yang mengelilingi perangkat tersebut sebagai tempat antena luar dengan harapan menangkap sinyal lebih baik. Namun, sentuhan tangan terhadap antena tersebut bisa menyebabkan gangguan yang justru melemahkan kemampuan penerimaan sinyal.

"Saat menggenggam ponsel akan terjadi redaman yang melemahkan kinerja antena di mana pada posisi tertentu menghasilkan pengaruh lebih buruk daripada yang lain, tergantung pada posisi antena. Ini adalah fakta yang dialami semua perangkat nirkabel. Kalau Anda mengalaminya pada iPhone 4, hindari menggenggam di bagian pojok kiri bawah sampai menutupi garis hitam kedua sisi logam, atau mudahnya gunakan saja aksesori pembungkus yang tersedia di pasaran," demikian pernyataan iPhone seperti dilansir PC Magazine.

Pada iPhone 4, ada dua antena yang memanfaatkan stainless steel yang mengelilinginya. Antena pertama yang di bagian kiri untuk menangkap sinyal Bluetooth dan WiFi, sedangkan di bagian sisi kanan untuk menangkap sinyal seluler. Saat memamerkan desain antena baru buat iPhone 4, CEO Apple Steve Jobs tidak pernah mengingatkan adanya kemungkinan terjadi masalah ini. Jadi, kalau ogah beli pembungkus karet buat iPhone 4, saran Apple mungkin jalan keluar paling murah. Memang enggak gampang juga lho selalu menghindari hal tersebut. Tetapi, pengguna setidaknya tahu penyebabnya jika tiba-tiba sinyal lemah atau hilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com