iPhone CDMA Rumornya Mulai Januari 2011 - Kompas.com

iPhone CDMA Rumornya Mulai Januari 2011

Kompas.com - 01/07/2010, 20:00 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Selama ini, smartphone iPhone buatan Apple hanya bekerja untuk jaringan GSM. Namun, mulai awal tahun depan, ada kamungkinan pengguna jaringan CDMA juga bisa menggunakan iPhone.

Bloomberg melansir Apple akan menggandeng Verizon sebagai mitra operator iPhone di AS pada Januari 2010. Kabar tersebut mengejutkan mengingat Verizon adalah operator CDMA bukan GSM seperti AT&T yang menjadi mitra eksklusif Apple saat ini. Menurut sumber yang dilansir, iPhone untuk CDMA akan dirilis Januari 2011.

Sebelumnya, the Wall Street Journal melaporkan Apple mengembangkan dua tipe produk smartphone pada Maret lalu. Satu produk diyakini iPhone 4 yang baru saja dirilis dan satu produk lainnya iPhone untuk CDMA yang akan bekerja di jaringan Verizon.

Disebutkan, proses produksinya kemungkinan baru akan dimulai September 2010. Ini dikuatkan sumber lain yang dilansir media Taiwan, Digi Times, menyebut iPhone versi CDMA akan dirakit di kuartal keempat. Komponen hardware-nya sudah mulai diproduksi di salah satu pabrik pegatron di Shanghai, China.

Jika benar, AT&T bakal tidak lagi menjadi mitra eksklusif iPhone. Sejak dirilis pertama kali tahun 2007, Apple menjalin kerja sama khusus dengan operator GSM tersebut dan menjadikannya mitra eksklusif. Hal ini juga menjadi kabar baik buat pengguna CDMA di seluruh dunia.

EditorTri Wahono
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM