Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tunjukkan Ekspresi Bolamu dengan "Augmented Reality"

Kompas.com - 07/07/2010, 16:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Di tengah menanti klimaks Piala Dunia 2010 yang sudah setengah jalan ke babak final, surat kabar Kompas menghadirkan kontes foto unik, tetapi bukan sembarang foto. Lomba kali ini memanfaatkan teknologi augmented reality yang mulai diimplementasikan dalam konten surat kabar Kompas.

Lomba bertajuk "Tunjukkan Ekspresi Bolamu dengan Augmented Reality" mengajak Anda untuk mencicipi kehebatan teknologi augmented reality untuk pengenalan wajah. Tapi, syaratnya harus menggunakan komputer/notebook yang menggunakan kamera web dan tersambung ke internet.

Cara mengikuti kunjungi alamat website www.kompas.com/ar/wc kemudian download aplikasinya dan instal di komputer. Tunggu beberapa saat sampai aplikasi tersebut aktif dalam beberapa menit. Lalu arahkan muka Anda ke kamera web. Jangan kaget, bersiap-siaplah karena akan ada sesuatu yang muncul di kepala Anda. Hola... dan ada pula lagu yang mengiringinya. Cobalah untuk mengubah-ubah penampilan Anda di depan komputer dengan tombol Q, O, A, dan L.

Lalu simpan penampilan terbaik dengan cara memencet tombol Fn dan PrintScreen bersamaan atau perintah sejenis di komputer. Kirimlah foto ekspresi terkeren itu ke arworldcup@kompas.com untuk mendapat kesempatan memenangkan hadiah 4 tiket SnowBay senilai Rp 480.000 masing-masing untuk 5 orang pemenang dengan foto ekspresi paling keren. Jangan lupa sertakan nama, alamat, nomor telepon, nomor KTP/SIM, dan e-mail. Pengumuman akan dilakukan pada 12 Juli 2010.

"Lomba ini untuk menyosialisasikan teknologi augmented reality dan sekaligus memeriahkan Piala Dunia," kata Edi Taslim, Wakil Direktur Bisnis Kompas. Ia mengatakan, Kompas telah memanfaatkan teknologi augmented reality untuk memperkaya konten editorial ataupun iklan.

Sebelumnya, Kompas sudah beberapa kali menampilkan konten yang menggunakan teknologi augmented reality ini. Metode yang dipakai adalah dengan mengarahkan gambar/konten yang ada di edisi cetak ke depan kamera web saat menjalankan aplikasi augmented reality. Di layar komputer akan muncul konten multimedia yang seolah-olah muncul dari gambar diam di kertas.

Ke depan, Kompas juga akan melengkapi kemudahan mengakses layanan augmented reality untuk perangkat mobile memanfaatkan kamera ponsel atau smartphone untuk menangkap kode rahasia. Menurut Edi Taslim, aplikasi Kompas augmented reality untuk perangkat mobile akan tersedia mulai kuartal keempat untuk iPhone dan Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com