Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengunjung Pameran Komputer Dipatok Naik 20 Persen

Kompas.com - 14/07/2010, 14:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Jumlah pengunjung dan transaksi di Festival Komputer Indonesia (FKI) 2010 ditarget meningkat 20 persen dibanding tahun sebelumnya. Ketua Yayasan Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Hidayat Tjokrodjojo menyebutkan, setiap kali FKI digelar, terjadi peningkatan jumlah pengunjung dan penjualan sebesar itu.

"Sampai saat ini yang masih favorit adalah notebook dan netbook. Untuk notebook, peminatnya sudah berkembang. Sementara netbook meskipun penjualan tinggi, tetapi karena harganya murah menjadikan nilainya tidak besar," kata Hidayat, Rabu (14/7/2010). Sayangnya, ia enggan menyebutkan target nilai transaksi gelaran FKI tahun ini.

Menurutnya, tren penjualan personal computer atawa desktop cenderung menurun belakangan ini. Menurutnya, hal tersebut wajar karena desktop yang biasanya digunakan untuk keperluan administrasi perkantoran baru diganti setelah 5 tahun. Sementara untuk notebook masa pakainya 3 tahun dan netbook 2 tahunan.

"Tetapi, kalau handphone setiap tahun kecenderungannya selalu diganti, makanya jumlah nilai penjualan handphone di ajang Indonesia Cellular Show (ICS) 2010 yang diselenggarakan bareng FKI selalu lebih tinggi," imbuhnya.

ICS dan FKI digelar mulai hari ini sampai 18 Juli 2010 di Jakarta Convention Center dengan luas area pameran sekitar 25.000 meter persegi. Tidak berbeda jauh dengan gelaran ICS dan FKI tahun lalu, jumlah peserta berupa vendor komputer dan operator seluler tahun ini sekitar 350 peserta. Sementara jumlah pengunjung hajatan tahun ini diharapkan bertambah 20 persen dari 230.000 menjadi 276.000.

Jika anda berminat mengunjungi ICS dan FKI 2010, pengunjung dikenakan tarif Rp 5.000 untuk hari kerja dan Rp 10.000 di akhir pekan. (Kontan/Gentur Putro Jati)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com