Tujuh Jenis Aplikasi Wajib Android

Dibaca:
Komentar :
FORSEL

Aplikasi Camera360 untuk meningkatkan kinerja fitur fotografi ponsel Android.

JAKARTA, KOMPAS.COM- Bagaimanapun ponsel Android, tanpa menambahkan aplikasi memang terasa kurang "nendang". Di Google Market Services (GMS) saja sudah tercatat lebih dari 100 ribu aplikasi. Sayang sekali jika Anda tak menjajal aplikasi yang begitu banyak ini.

Namun, tak semua aplikasi harus diunduh. Menurut majalah FORSEL ada tujuh jenis atau kategori aplikasi yang sifatnya "wajib" dimiliki. Ketujuh aplikasi tersebut antara lain;

Task Killer Banyak sekali aplikasi seperti ini, mulai dari yang gratis (biasanya disertai banner iklan) hingga berbayar. Aplikasi ini berguna untuk mematikan aplikasi yang berjalan di background dan menambah free memory agar ponsel tetap responsif. Aplikasinya antara lain: A Task Killer, Automatic Task Killer, Task Killer Pro.

File Manager dan Kompresi Berfungsi untuk mengatur isi memori eksternal, menghapus file atau aplikasi, menginstall aplikasi dari microSD dan sebagainya. Beberapa juga berguna untuk membuka file *.zip atau *.rar yang merupakan file kompresi ketika mengunduh dari internet. Aplikasinya antara lain: AndroZip File Manager, ASTRO File Manager, Open Manager.

BackUp dan Restore Tak perlu repot  menghubungkan dengan PC/laptop. Dengan aplikasi yang tepat, data yang ada pada ponsel bisa di-backup atau restore dengan mudah ke server empunya aplikasi atau ke microSD. Aplikasinya antara lain: Titanium Backup, SMS Backup & Restore, Mobile Backup II.

Manajemen Data Jika tidak beruntung menggunakan paket jaringan internet unlimited atau koneksi Wi-Fi non-stop gunakan aplikasi manajemen data. anda bisa mengatur kapan saja dengan aplikasi ini. Aplikasinya antara lain: Toggle Data Widget, APNdroid, Data On/Off.

Tethering Fitur yang baru tersedia secara langsung di v2.2 FroYo. Namun untuk USB Tether sudah bisa dilakukan dengan aplikasi. Beberapa vendor seperti HTC, Huawei, dan Nexian sudah memberikan fitur ini langsung di ponselnya. Aplikasinya antara lain: Easy Tether Lite, Barnacle Wifi Tether (root only), Wireless Tether (for root users).

Power Control Widgets Aplikasi ini untuk mengatur menu seperti WiFi, Bluetooth, brightness, dan sebagainya. Biasanya aplikasi seperti ini tersedia langsung di dalam ponsel. Jika tidak, Anda bisa mengunduh widget yang berhubungan satu-persatu atau yang berupa paket. Aplikasinya antara lain: Power Control Plus (harga 1.99 dollar), Widget by Curve Fish, Widget by DroidMania.

Fotografi Fungsi kamera di OS Android, apalagi di bawah v2.1 Eclairs, memang kurang banyak. Beberapa vendor seperti Sony Ericsson memang memberikan update sendiri untuk peningkatan fitur kameranya. Aplikasinya antara lain: Camera ZoomFX (harga 4,51 dollar), FxCamera, Retro Camera.

Sekarang silakan unduh agar ponsel Android Anda lebih berdayaguna. Jika ingin lebih paham silakan baca majalah FORSEL edisi September 2010. (ANDRY/FORSEL)

 

Editor: vaksiandra

 

TERBARU
Software
Selasa, 2 September 2014 17.07 WIB
Microsoft Kelepasan Sebar Logo Windows 9
Gadget
Selasa, 2 September 2014 16.33 WIB
Di India, 40.000 Redmi 1S Ludes dalam 4 Detik
Internet
Selasa, 2 September 2014 15.48 WIB
Beginikah Cara Peretas Curi Foto Jennifer Lawrence?
e-Business
Selasa, 2 September 2014 15.26 WIB
Incaran Baru Simpati, "Profesional Haus Data"
Software
Selasa, 2 September 2014 15.05 WIB
Apple Beberkan "Dosa" Pengantre App Store
TERPOPULER
Jumat, 29 Agustus 2014 15.14 WIB
Petinggi Twitter Komentari Cara "Ngobrol" Jokowi
Senin, 1 September 2014 09.10 WIB
Kesan Pertama Menggenggam Xiaomi Redmi 1S
Kamis, 28 Agustus 2014 09.36 WIB
Inilah Rahasia Harga Murah Xiaomi
Jumat, 29 Agustus 2014 11.06 WIB
Rahasia Dibuka, "Drone" Unik Google Terungkap
Jumat, 29 Agustus 2014 09.39 WIB
Ingin Internet Cepat? Yuk, Gali Gorong-gorong
Senin, 1 September 2014 09.59 WIB
iCloud Dibobol, Foto Sensual Jennifer Lawrence Beredar
Rabu, 27 Agustus 2014 13.36 WIB
Eka Gustiwana, dari "Ngamen" jadi Juara YouTube
Kamis, 28 Agustus 2014 08.27 WIB
Kapan Xiaomi Mi4 Beredar di Indonesia?
Jumat, 29 Agustus 2014 07.38 WIB
Onno W Purbo Paparkan Visinya Soal Menkominfo