Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Produk Baru Apple

iPod Nano Kini Berlayar Sentuh

Kompas.com - 02/09/2010, 08:29 WIB

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Kebalikan daripada iPod Shuffle, Apple justru menghilangkan tombol besar berbentuk lingkaran yang khas itu pada model terbaru iPod Nano. Tapi, navigasi utama kini dilakukan melalui layar sentuh seperti halnya iPod Touch sehingga membuatnya lebih berkelas.

Menurut CEO Apple Steve Jobs, pihaknya memang berusaha menghadirkan pemutar musik seringkas mungkin. Navigasi putar clickwheel yang legendaris pun terpaksa dikorbankan dan menggantikannya dengan layar sentuh multitouch merupakan solusi paling pas saat ini untuk membuat iPod Nano yang lebih kecil.

"iPod Nano terbaru memiliki layar sentuh multitouch. Ini layaknya iPod Touch berukuran mini," ujar CEO Apple Steve Jobs dalam peluncuran di San Francisco, AS, Rabu (1/9/2010) waktu setempat. Dibandingkan generasi sebelumnya, iPod Nano yang bisa dibilang generasi keenam ini memang berukuran 46 persen lebih kecil dan 42 persen lebih ringan dari versi sebelumnya.

Tampilannya senada dengan iPod Shuffle dengan bentuk yang cenderung bujur sangkar dengan layar 1,54 inci beresolusi 240 x 240 pixel. Pilihan warnanya pun mirip, yakni merah muda, perak, hijau, oranye, dan biru serta pilihan warna khusus merah dan abu-abu. Juga ada clip on di bagian belakang untuk menyelipkannya di pinggir pakaian.

Namun, dengan layar yang tidak proporsional untuk menampilkan foto dan video, Apple kelihatannya mengorbankan iPod Nano kali ini untuk keperluan di luar musik dan hiburan audio. Kamera video tidak lagi ada. Radio FM tetap dipertahankan. Selain itu terdapat fitur Nike+ pedometer untuk membantu mengatur target latihan olahraga penggunanya.

Daya tahan baterainya sanggup memainkan musik selama 24 jam. Ada dua variasi pilihan, masing-masing seharga 149 dollar AS untuk versi 8 GB dan 179 dollar AS untuk 16 GB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com