Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
UC Mobile

Browser Internet China Gempur Indonesia

Kompas.com - 05/09/2010, 23:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - UC Mobile Ltd, perusahaan mobile browser asal China menawarkan layanan browser edisi bahasa Indonesia untuk pengguna ponsel di Indonesia.

CEO UC Mobile Ltd Yu Yongfu menjelaskan, Indonesia merupakan salah satu negara yang pertumbuhan penggunaan internetnya tertinggi di Indonesia. Di mana pertumbuhan terbesar terjadi dalam segmen penggunaan internet melalui ponsel.

"Untuk negara seperti Indonesia, fenomena akses internet melalui ponsel tidak mengherankan. Karena kepemilikan PC sangat rendah akibat harga yang belum terjangkau," kata Yu, akhir bulan lalu.

Sementara infiltrasi ponsel sudah mencapai seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Yu menyebut pada 2010 ini diperkirakan ada lebih dari 40 juta ponsel baru dengan 80 persen di antaranya merupakan ponsel low seharga Rp 1,5 juta beredar di masyarakat.

"Besarnya potensi itulah yang mendorong kami hadir di Indonesia dengan UC browser edisi Bahasa Indonesia hari ini," jelas Yu. Sementara Andy Zain, perwakilan UC Mobile Indonesia bilang perilaku pengguna mobile internet di Indonesia beda tipis dengan China. Karena itu perusahaannya menawarkan teknologi dan fitur yang mirip dengan yang disediakannya di sana.

"Kami menyediakan semua sistem operasi populer, termasuk Java, Symbian, Android, BlackBerry, iPhone, Windows Mobile dan ponsel chipset MTK yang digunakan oleh banyak merek ponsel," jelasnya. UC Browser merupakan aplikasi yang dapat digunakan dan diunduh secara gratis. Pengguna harus memiliki ponsel dengan fasilitas akses data dan bisa mengunduh aplikasi di situs resmi mereka.

"Sampai Juli 2010, aplikasi kami sudah diunduh lebih dari 400 juta kali dengan pengguna aktif lebih dari 100 juta," papar Yu.(KONTAN/Gentur Putro Jati)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com