Wellcomm Luncurkan Router Mini WiFi ZTE

wellcomm

Wellcomm serius merilis sejumlah perangkat untuk akses internet bergerak. ZTE MF30 yang di-bundling dengan Telkomsel Flash merupakan router mini Wi-Fi yang bisa ditenteng dan dipakai untuk lima perangkat sekaligus.

JAKARTA, KOMPAS.COM- Pertumbuhan penggunaan data plan pada industri seluler dan perangkat bergerak dalam setahun terakhir ini cukup luar biasa. Di sisi pengguna memang belum terlihat pelonjakan pemakaian pulsa, namun ditengarai bahwa dari ARPU yang -katakan- sekarang sebesar Rp 50 ribu per bulan, sebagian (bahkan lebih dari separuhnya) terpakai untuk akses internet.

Di sisi lain, penjualan modem pun mengalami peningkatan. Menurut Andre Djohan, VP Marketing Wellcomm Ritelindo Pratama, gerai Wellcomm yang tadinya menyiapkan 100 ribu unit modem, tarikan pasar jauh dari dugaan atau lebih cepat terjual. Telkomsel sebagai mitra Wellcomm memprediksikan bahwa tahun 2011, arus data plan akan jauh lebih meningkat. Paling tidak akan mencapai 8 - 10 persen dibanding tahun ini. 

Pabrikan modem pun tengah giat menawarkan, salah satunya ZTE terus pula merilis modem untuk kebutuhan lokal. Modem-modem yang berada di harga kisaran Rp 300 ribu hingga Rp 500 ribu pun laku keras. Seiring dengan hal tersebut, kini kian banyak perangkat bergerak yang dilengkapi dengan dua jaringan, seluler (HSDPA) dan Wi-fi.

Cara baru untuk berinternet berkelompok pun dikenalkan. ZTE yang produknya dijual lewat Wellcomm merilis Router Mini Wi-Fi seri MF30 yang bisa dibawa ke mana-mana. Dengan begitu, pemakaian internet tak lagi hanya bisa dilakukan di rumah atau di area hotspot yang tersedia di berbagai tempat. Di mobil, di ruang kerja, di luar ruang tempat nongkrong pun bisa.

Adapun ZTE MF30 yang dijual seharga Rp 999.000,- (selama pameran hingga 3 Oktober di Central Park Jakarta) sudah memiliki kualifikasi seperti kecepatan tinggi (7,2 Mbps) dan dapat di-share kepada lima pengguna mobile device, seperti BlackBerry, Nokia, iPhone, iPad, ponsel Google, dan laptop, banyak lagi. Dan, secara bersamaan, tanpa mengantre.

"Perangkat ini tentu akan segera diburu masyarakat, terbukti dalam pre-launching telah terjual 2.000 unit di seluruh Indonesia," ujar Halim S. Purnomo, GM Wellcomm Ritelindo Pratama.

ZTE MF30 sendiri dirancang untuk maksimal radius 50 meter. Mudah dibawa-karena bobotnya cuma 80 gram dan bisa disimpan di saku lantaran dimensinya yang cukup kecil. Yang penting, pengguna tak memerlukan instalasi khusus pada setiap perangkat. Untuk mengakses cukup masukkan password seperti akses Wi-Fi biasa, lalu tersambung.

Sementara kerjasama dengan Telkomsel (paket Flash) lantaran operator ini memiliki jaringan yang terluas. Dengan kartu perdana Flash Unlimited akan memberikan kemudahan tanpa perlu mendaftar ke nomor singkat 4444. Kata Agus Setiabudi, dari Telkomsel, paket ini jelas akan meningkatkan jumlah nomor yang terjual. "Sekarang, orang bisa memiliki lebih dari dua nomor. Ke depan mungkin tiga, di mana salah satunya untuk data plan seperti memakai perangkat ini," terusnya.

Kalau tak sempat ke Central Park, Anda bisa mencari di 100 toko Wellcomm di seluruh Indonesia. "Harga ini paling murah ketimbang router lain," janji Andre.

Wellcomm sendiri siap menyediakan sebanyak 20 ribu unit ZTE MF30. Setelah Jakarta, Sirabaya, dan Yogya bakal disambangi. Perangkat router mini Wi-Fi seperti ZTE MF30 pada akhirnya memang sangat dibutuhkan, jika melihat tren pemakaian internet justru lebih banyak dilakukan di luar rumah dan dilakukan secara berkelompok. (ANDRA/FORSEL) 

Editor: vaksiandra

 

TERBARU
Hardware
Kamis, 24 Juli 2014 16.58 WIB
Ini Dia, "Penyelamat" Data di Kotak Hitam MH17
Internet
Kamis, 24 Juli 2014 15.55 WIB
Yuk, Baca Kisah Teladan Nabi
Gadget
Kamis, 24 Juli 2014 14.59 WIB
Nvidia Shield, Tablet Android untuk "Gamer"
Gadget
Kamis, 24 Juli 2014 13.49 WIB
Jam Tangan Pintar Apple Dinamai iTime?
e-Business
Kamis, 24 Juli 2014 12.34 WIB
Pabrikan iPhone akan Buka Resor Kesehatan