Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook "Go Public" Tahun 2012

Kompas.com - 29/09/2010, 21:52 WIB

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Facebook kemungkinan akan menawarkan saham perdananya (IPO) pada akhir tahun 2012. Seorang board member Facebook di situs jejaring sosial ini menyebutkan, Facebook akan merilis saham perdananya untuk investor yang ingin mencicipi gurihnya irisan kue situs yang menyejarah di dunia.

Rencana IPO oleh perusahaan yang valuasinya mencapai miliaran dolar itu akan menjadi salah satu IPO yang paling ditunggu-tunggu selama satu dekade terakhir.

Salah satu pendiri PayPal Peter Thiel yang juga merupakan board member di Facebook menegaskan, IPO itu tidak akan dilansir hingga akhir 2012. Lagipula, IPO Facebook sangat tergantung pada kemampuan Facebook mencapai target pendapatan dan bagaimana bisnis ini menggelinding nantinya.

"Bisa saja pada satu titik Facebook akan IPO. Pelajaran yang bisa dipetik dari Google menunjukkan, jangan sampai terlambat go public," kata Thiel.

Facebook yang berbasiskan di Palo Alto, California AS ini dibangun oleh Mark Zuckerberg dan koleganya pada tahun 2004 dan dilansir dengan ongkos yang sangat mini.

Dengan setengah miliar pengguna di seluruh dunia, investor sepertinya tergiur untuk membungkus saham milik Facebook. Seorang sumber Reuters menyebutkan, pendapatan Facebook di tahun 2009 mencapai 800 juta dollar AS, dan angka itu terbilang menguntungkan.(KONTAN/Femi Adi Soempeno)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com