Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Internet

Google Map Indonesia Resmi Tersedia

Kompas.com - 07/10/2010, 08:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Google meluncurkan Google Maps Indonesia, sebuah platform pencarian lokal yang membantu pengguna menemukan informasi geografis seperti peta online, citra satelit, panduan arah berkendara, alamat dan daftar perusahaan, melalui PC dan telepon seluler.

Head of Product Management Google Southeast Asia Andrew McGlinchey di Jakarta Rabu (6/10/2010) kemarin mengungkapkan bahwa Google Maps Indonesia resmi diluncurkan dan siap digunakan untuk memudahkan kehidupan sehari-hari.

"Pengguna dapat dengan mudah mencari dan menemukan informasi suatu tempat yang diinginkan, kapan pun, dan di mana pun," ujar Andrew. Pengguna bisa mengaksesnya di alamat maps.google.co.id. Platform ini diharapkan menjadi peta online yang paling kaya konten dan paling relevan di Tanah Air.

Sementara itu, Head of Marketing Google Southeast Asia Derek Callow juga mengatakan bahwa Google Maps Indonesia memungkinkan pengguna, perusahaan, dan pengembang lokal untuk memberi sumbangan informasi mengenai Indonesia. Google menggandeng pelaku bisnis yang berniat mempromosikan serta membagi informasi tentang usaha mereka melalui platform ini. Sejumlah perusahaan yang telah menjadi mitra bisnis Google Maps Indonesia, antara lain urbanesia.com, Telkomsel, dan LewatMana.com

"Selain lokasi, Google Maps Indonesia juga mampu menyajikan informasi tentang tempat yang dituju. Sebuah restoran sushi di Jakarta, misalnya, si pengguna tidak hanya dapat mengetahui lokasi, tetapi juga mendapatkan informasi tentang restoran sushi tersebut," tutur Derek.

Meski sudah menyediakan berbagai layananya dalam versi bahasa Indonesia, Google Maps merupakan produk kedua Google yang resmi diluncurkan di Indonesia. Sebelumnya, Google juga meluncurkan secara resmi browser Chrome. Namun, sampai saat ini Google belum membuka kantor perwakilan di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com