Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Tinggal Walkman!

Kompas.com - 25/10/2010, 01:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Nasib Walkman yang sempat populer di era 1980-an dan 1990-an akhirnya berakhir di tengah gempuran pemutar musik digital. Sony akhirnya memutuskan untuk menghentikan produksi pemutar kaset Walkman mulai 22 Oktober 2010.

Menurut data terakhir yang dilansir Sony, stok terakhir diproduksi di Jepang pada April 2010 dan kini tinggal menunggu persediaan habis. Meski demikian, pemutar kaset Walkman masih akan tetap diproduksi rekanan Sony di China untuk memenuhi permintaan konsumen yang setia menggunakan kaset dan Walkman.

Ironisnya, pengumuman penghentian produksi Walkman dilakukan sehari menjelang ulang tahun iPod, pemutar musik digital buatan Apple. iPod yang mulai diperkenalkan pada 23 Oktober 2001 merupakan tonggak bangkitnya musik digital dan menjadi salah satu kekuatan besar yang menggusur Walkman.

Walkman kali pertama diproduksi pada tahun 1979 dan menjadi pemutar musik yang populer. Selama tiga dekade terakhir, 220 juta Walkman telah terjual di seluruh dunia. Meski tak ada lagi pemutar kaset Walkman, Sony tetap memproduksi pemutar CD/mini disc dan MP3 dengan merek Walkman. Sony juga menggunakan nama Walkman untuk mendukung fitur musik pada Sony Ericsson. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com