Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Dokumen Rahasia

"E-book" WikiLeaks Dijual di Amazon

Kompas.com - 10/12/2010, 08:21 WIB

KOMPAS.com — Penyebaran informasi rahasia diplomatik AS dari WikiLeaks tak terbendung. Setelah berkali-kali pindah alamat situs web dan hosting internet, konten WikiLeaks kini dapat dibaca dalam versi buku digital (e-book). Sebuah buku digital berisi kumpulan dokumen WikiLeaks bahkan nongol di toko buku online Amazon, Kamis (9/12/2010).

Buku digital yang ditujukan untuk para pengguna Kindle, e-reader buatan Amazon, itu dijual 7,37 poundsterling. Di sampulnya disebutkan kalau buku digital tersebut menyajikan dokumen dengan nomor 1 hingga 5.000. E-book disusun Heinz Duthel yang dari portofolionya termasuk orang yang rajin mengirim buku-buku digital ke Amazon. Sudah 300 judul buku didaftarkannya ke toko buku online tersebut.

Kemunculannya mengejutkan karena Amazon dinilai sebagai salah satu pihak yang menentang WikiLeaks. Saat mulai mendistribusikan data-data rahasia kabel diplomatik AS, WikiLeaks menggunakan hosting di layanan Amazon, tetapi kemudian diputus dengan alasan melanggar aturan penggunaan yang telah ditetapkan.

Entah berapa lama buku digital tersebut akan tetap nongol di Amazon. Yang pasti, Amazon bakal menuai kritik karena telah mendapat keuntungan dari penjualan e-book WikiLeaks itu meskipun akhirnya menariknya, bahkan jika malah tidak menariknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com