Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, Pelanggan Seluler Masih Tumbuh

Kompas.com - 27/12/2010, 22:55 WIB

KOMPAS.com - Industri telekomunikasi di Indonesia pada tahun ini terus mengalami pertumbuhan. Ini ditandai dengan pesatnya pertumbuhan pesat sejumlah opereator telekomunikasi. Jumlah pelanggan PT XL Axiata Tbk, misalnya, hingga kuartal III-2010 sudah mencapai 38,5 juta. Jumlah ini meningkat 44% di banding periode sama tahun lalu. Jumlah pelanggan XL itu tidak terpaut jauh dari Indosat yang pada periode sama mencatat pelanggan sebanyak 39,7 juta.

Stasiun pemancar yang dimiliki XL malah sudah melebihi pemancar yang dimiliki Indosat. Hingga kuartal III-2010, XL memiliki 21.623 pemancar, sedangkan Indosat yang hanya memiliki 17.372 pemancar. Sementara di posisi puncak, posisi Telkomsel belum tergeser di urutan pertama dengan jumlah pelanggan sebanyak 94 juta dari tahun sebelumnya 82 juta.

Sekjen Masyarakat Telematika (Mastel) Mas Wigrantoro Setiadji menilai, pesatnya pertumbuhan pelanggan XL sejalan dengan perluasan jaringan yang dilakukan operator seluler asal Malaysia itu. Namun, dia mengatakan pada suatu saat pertumbuhan itu juga akan berhenti. "Hal itu sedang terjadi pada Indosat yang pertumbuhannya mulai stagnan," ungkap Mas Wigrantoro.

Namun Teguh Prasetya Mukti, Group Head Brand Marketing Indosat mengatakan, pertumbuhan pelanggan Indosat sebenarnya sudah melampaui target awal tahun. Sebelumnya hingga akhir tahun 2010, Indosat menargetkan jumlah pelanggan mencapai 40 juta, tapi target itu sudah lebih dulu tercapai pada akhir Oktober 2010. "Secara nasional pertumbuhan jumlah pelanggan juga melebihi ekspektasi karena pertumbuhannya lebih dari 30 juta," ungkap Teguh.

Selain pertumbuhan pelanggan, menurut Teguh, pendapatan Indosat juga melebihi ekpektasi. Pada kuartal III-2010, pertumbuhannya mengalami mencapai 16% dari tahun sebelumnya. Padahal target pertumbuhan pendapatan Indosat tahun ini hanya 12%.

Sementara dalam hal pendapatan, layanan voice dan pesan singkat (SMS) juga masih memberi kontribusi besar bagi operator. Sebagai contoh, layanan suara di XL memberi kontribusi terbesar yakni sebesar 50%. Setelah itu di susul layanan SMS sebesar 20%, dan layanan data sebesar 10%. Hingga kuartal III-2010, jumlah pemakaian layanan suara XL sebanyak 59,1 miliar menit. Sedangkan jumlah penggunaan layanan SMS sebanyak 125 miliar SMS.

Kondisi serupa juga dialami PT Natrindo Telepon seluler Menara Axis. Syakieb A. Sungkar, VP Sales & Distribution Axis mengaku, layanan suara masih menjadi andalan sumber pendapatan Axis dengan kontribusi sekitar 40%. Sedangkan SMS memberi kontribusi sekitar 30%-35%. "Tapi persentase pertumbuhan layanan suara dan SMS tidak akan terlalu besar," ungkap Syakieb.

Meski masih didominasi suara dan SMS, layanan data juga tumbuh tak kalah pesat. Di Axis, misalnya, kontribusi pendapatan layanan data tahun 2009 sekitar 10%, tahun 2010 menjadi sekitar 25% dan tahun depan diperkirakan bisa mencapai 30%. Pertumbuhan layanan data juga terlihat pada XL. Pada 2009, kontribusi layanan data terhadap total pendapatan XL hanya sekitar 4%. Tapi tahun ini kontribusinya naik menjadi 10%.

Teguh memprediksi, pertumbuhan industri telekomunikasi pada 2011 masih bagus. Ia memperkirakan, jumlah pelanggan seluler tahun depan masih akan bertambah sekitar 30 juta pelanggan. "Tapi akan terjadi penurunan di tahun 2012," kata Teguh.(Kontan/Sofyan Nur Hidayat)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com