Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PERANG TABLET

iPAD Masih Dominan sampai 2012

Kompas.com - 14/01/2011, 14:54 WIB

KOMPAS.COM- Laju penjualan tablet PC tak bisa dibendung lagi. Hari ini RIM membeberkan PlayBook di gelaran Developer Confrence Asia di Nusa Dua Bali. Kemungkinan besar jika lancar, tablet rilisan produsen BlackBerry ini akan merangsek pasar Indonesia Maret 2011. Sejumlah produsen tak mau lewatkan kesempatan, mumpung Android tengah meledak-ledak, lebih dari 20 vendor ambil bagian.

Namun menurut analisa lembaga riset IGS iSuppli, dominasi iPad belum akan terpatahkan. Produk ini masih menggaet 70,4 persen permbagian pasar tablet PC. Asal tahu saja tahun ini jumlah tablet yang siap membanjiri pasar dari semua platform diprediksi akan mencapai 57,6 juta unit. Atau naik 17,1 juta dibanding tahun silam.

"Kami percaya bahwa kompetitor iPad akan fokus ke tablet, selagi permintaan akan notebook dan netbook mulai menurun," ujarJoe Abelson, VP IHS.

Alasan lain yang ia kemukakan adalah bahwa tablet merupakan perangkat baru. Jumlahnya yang akan hadir di pasar sulit diprediksi. Di samping itu ada indikasi bahwa produksi layar yang menopang industri tablet juga mengalami pertumbuhan. Ini bisa dilihat dari produksi AMOLED yang meningkat.

Tren teknologi layar tablet juga mengalami evolusi. Yang akan menarik dicermati adalah fasilitas 3D yang akan melengkapi banyak tablet. Oleh sebab itu, iSuppli melihat bahwa jika hal ini terjadi maka produksi tablet pesaing iPad akan melonjak tajam. Perkiraan mereka, iPad akan digerus dan bisa saja para kompetitor itu meraih pasar sampai 40 persen. (ANDRA/FORSEL)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com