Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ponsel Play Station" Akan Dirilis Maret

Kompas.com - 14/02/2011, 10:12 WIB

BARCELONA, KOMPAS.com — Meski sudah dipamerkan berkali-kali di berbagai acara, Sony Ericsson akhirnya baru secara resmi meluncurkan "ponsel Play Station" pertamanya, Minggu (13/2/2011), jelang pameran akbar Mobile World Congress 2011. Smartphone yang diberi nama Xperia Play tersebut akan dirilis untuk kali pertama di AS dengan menggandeng Verizon Wireless mulai Maret 2011.

Sering disebut ponsel Play Station karena Xperia Play memang hadir dengan fitur-fitur Play Station dan membawa nama Play Station Certified. Bentuknya sliding dengan slide bagian bawah yang merupakan navigasi untuk bermain game dengan tombol-tombol mirip joystick Play Station, D pad, empat tombol kontrol, dua touchpad, dan dua tombol lainnya.

Ukuran layarnya 4 inci dan multitouch serta didukung sistem operasi Android 2.3 atau Gingerbread. Di bagian belakang terdapat kamera 5 megapiksel. Sistem komputerisasinya menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 1GHz dan dilengkapi prosesor grafis Adreno sehingga sanggup menampilkan video game dengan 60 frame per detik.

Memang dirancang dengan pengutamaan sebagai ponsel game, Sony Ericsson telah menyiapkan sekitar 50 permainan untuk ponsel tersebut. Di antaranya Need for Speed, Sims 3, FIFA 10, Guitar Hero, Assassin's Creed, dan Splinter Cell. Sejumlah pengembang video game juga telah berkomitmen mendukungnya, seperti Digital Chocolate, EA Mobile, Gameloft, Glu Mobile, Namco Bandai, dan PopCap. Game-game yang dibuat tidak hanya bisa dimainkan sendiri, tetapi juga multi-pemain dan terhubung ke layanan online PlayStation One.

Selain memamerkan Xperia Play, Sony Ericsson juga membawa tiga produk lainnya dalam ajang kali ini. Masing-masing adalah smartphone Xperia Arc, Xperia Nero, dan Xperia Pro. Ketiganya didesain untuk target pengguna berbeda, tetapi telah didukung fitur-fitur unggulan yang selama ini dipakai di perangkat elektronika Sony, seperti Bravia Engine Mobile, sensor Exmor R Mobile, HDvideo, dan HDMI. Semuanya menggunakan platform teranyar Android 2.3 atau Gingerbread.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com