Lewatmana.com Dapat Penghargaan di Paris - Kompas.com

Lewatmana.com Dapat Penghargaan di Paris

Kompas.com - 16/02/2011, 16:25 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Situs lokal LewatMana.com memenangkan penghargaan internasional "Netexplorateur Award of the Year 2011". Penilaian juri internasional diberikan berdasarkan nilai dari keaslian ide, dampak terhadap masyarakat, serta lingkungan dan role model.

Penganugerahan penghargaan tersebut telah dilaksanakan di Kantor Pusat UNESCO di Paris pada tanggal 3 Februari 2011 dan diterima langsung Hendry Soelistyo, pendiri situs tersebut. "Ini merupakan kebanggaan kami sebagai penerima award dan pembicara pertama dari Asia Tenggara," kata Hendry dalam email kepada Kompas.com.

Netexplorateur adalah sebuah organisasi yang di dukung oleh Senat dan Perdana Menteri Perancis. Setiap tahun, 200 peneliti, jurnalis, akademis, teknologis dan ahli akan memperhatikan pengunaan digital dan internet untuk sesuatu yang baru dan akan memilih 100 kandidat penguna digital dan internet yang paling menjanjikan yang akan merubah cara kita memakai, berkomunikasi, bekerja, belajar, dan hidup.

Hasil yang terpilih akan masuk dalam daftar "The Netexplorateur 100". Dari 100 kandidat tersebut akan dipilih 10 "Netexplorateur of the Year" sebagai inisiatif digital paling menjanjikan. Lewatmana.com merupakan satu-satunya penerima penghargaan tersebut dari Indonesia bahkan Asia Tenggara.

"Terpilihnya Lewatmana.com dari Indonesia sebagai salah satu pemenang Netexplorateur 2011 Awards sangat menggembirakan. Pemilihan ini juga merupakan pengakuan internasional terhadap daya inovasi dan daya kreatifitas di bidang teknologi komunikasi yang dimiliki bangsa Indonesia," puji Gita Loka Murti dari KBRI Paris seperti dilansir situs web Kementrian Luar Negeri.

LewatMana.com adalah penyedia solusi informasi lalu lintas di Indonesia. Solusi ini ditujukan untuk dapat membantu pengemudi kendaraan menghindari kemacetan sehingga turut serta dalam upaya pemerataan jumlah kendaraaan di jalan raya dan membantu mengurangi kemacetan dan mengurangi kerusakan lingkungan.

Informasi lalu lintas tersedia dalam beberapa bentuk media termasuk gambar/video dari CCTV, laporan text dari masyarakat melalui sms, mobile web dan Twitter, serta data kemacetan yang dituangkan di peta. Informasi lalu lintas dapat diakses melalui internet di http://lewatmana.com dari PC, notebook, tablet, smartphone dan segala merek ponsel.

 

EditorTri Wahono