Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komputer dalam Sebuah Flash Disk

Kompas.com - 18/02/2011, 20:20 WIB

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Bentuknya sama saja dengan flash disk pada umumnya. Tapi, produk buatan Spyrus ini bukan sembarang flash disk. Di dalamnya sudah ada sistem operasi Microsoft Windows 7 layaknya sebuah komputer.

Namun, tentu tidak bisa langsung digunakan. Untuk menggunakannya butuh akses USB ke perangkat komputer, notebook, atau lainnya. Colokkan flash disk tersebut, pilih booting komputer lewat USB, dan voila komputer di flash disk bisa bekerja.

Sistem operasi di flash disk menggunakan keyboard, monitor, mouse, dan resource komputer tersebut. Namun, tidak berhubungan sama sekali dengan hardisk sehingga data-data di flash disk dan semua kegiatannya dijamin aman.

Produk yang diberi nama Secure Pocker Drive memang dirancang sebagai komputer mobile yang aman. Salah satu target penggunanya mungkin mata-mata yang bisa bekerja di manapun tanpa terendus orang lain.

Secure Pocket Drive juga dilengkapi micro SD sebagai penyimpan data dan program. Sistem Operasi Windows 7 menghabiskan data 8 GB dan sisanya bisa digunakan untuk aplikasi seperti Office dan sebagainya.

Namun, perangkat tersebut tidak dirancang hanya untuk bekerja bukan untuk menyimpan atau transfer data. Spyrus menyediakan PocketVault P-384 berupa flash disk yang dilengkapi enkripsi untuk mengamankan data.

Selain itu, Secure Pocket Drive juga tidak akan dijual untuk umum. Lisensi dari Microsoft hanya membolehkan distribusi produk tersebut ke organisasi atau sektor publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com